Jumat, 29 Maret 2024

Ajak Masyarakat Wakaf Sejuta Alquran

Lahirkan Generasi Islami, Kerja Sama Percetakan Bintana, Baznas Kepri, Bank Muamalat, Batam Pos, batampos.co.id

Berita Terkait

Dari kiri; Direktur Utama Batam Pos Candra Ibrahim, Direktur Percetakan Ripos Bintana Press Socrates, Ketua Baznas Kepri Mustamin Hussain, Dirut batampos.co.id Guntur Marchista Sunan, dan Branch Manager Bank Mualamat Batam Danie Maulana Lutfie beserta jajarannya usai melaksanakan penandatanganan kerja sama wakaf sejuta Alquran di kantor Batam Pos, Jumat (18/1). (Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.co.id – Misi membekali generasi penerus bangsa terus dilakukan di Kepulauan Riau (Kepri). Kali ini melalui program Gerakan Wakaf Sejuta Alquran yang digagas PT Ripos Bintana Press atau yang karib disapa Percetakan Bintana, perusahaan percetakan terbesar di Kepri yang bernaung di bawah bendera Jawa Pos Group.

Dalam merealisasikan program ini, Percetakan Bintana tidak sendiri. Melainkan menggandeng lembaga terkait yang memiliki visi-misi sama. Yak-ni Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepri, Bank Muamalat, Harian Pagi Batam Pos, dan jaringan media online terbesar di Kepri, batampos.co.id.

Jumat (18/1) kemarin, digelar penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di ruang rapat kantor Batam Pos, Gedung Graha Pena lantai 2 Batam Center. Penandatanganan MoU ini adalah sebagai dasar terkait penyelenggaraan, penerbitan, dan pengadaan Alquran, penyaluran dan distribusinya, menghimpun dana infak dari masyarakat, dan mempublikasikannya secara berkala sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat.

MoU tersebut ditandatangani secara bersama-sama oleh Direktur Percetakan Bintana Socrates, Ketua Baznas Kepri Mustamin Hussain, Branch Manager Bank Muamalat Cabang Batam Danie Maulana Lutfie, Direktur Utama Batam Pos Candra Ibrahim, serta Direktur Utama batampos.co.id Guntur Marchista Sunan.

Socrates mengatakan, Gerakan Wakaf Sejuta Alquran akan dikolaborasikan dengan program-program semua pihak yang bekerja sama. Baznas Kepri sendiri sebelumnya sudah memiliki program Tebar Alquran ke Pelosok Kepri dan Cinta Quran. Sementara Bank Muamalat tengah mengampanyekan program Ayo Hijrah. Sementara, Batam Pos dan batampos.co.id memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

”Program Gerakan Wakaf Sejuta Alquran sejalan dengan berbagai program lainnya. Nantinya, prioritas distribusi meliputi masjid, pesantren, hingga taman pendidikan Alquran. Supaya bisa dibaca dan diamalkan,” katanya.

Sedangkan Mustamin Hussain menyebutkan, wakaf merupakan salah satu bagian dari ajaran agama Islam. Wakaf Alquran merupakan sarana menjadikan umat Islam berkualitas.

”Artinya, ada sarana berupa cetakan Alquran yang bisa dibaca,” katanya.

Dia menambahkan, wakaf adalah menahan benda milik seseorang dan menyedekahkan kemanfaatan dari benda tersebut di jalan yang tidak diharamkan Allah SWT. ”Jadi ketika ada orang memiliki uang, kemudian uang tersebut dibelikan Alquran, lalu Alquran ini diberikan kepada orang lain dalam bentuk wakaf, maka akan menjadi amal,” tuturnya.

Wakaf Alquran ini diyakini juga bisa mendorong generasi muda untuk belajar Alquran. ”Karena sebagaimana kita tahu pahalanya sangat besar. Selain bagi mereka yang membaca Alquran, pahala terus mengalir bagi mereka yang mewakafkan,” ucapnya.

Sementara Danie mengaku, pihaknya sangat mendukung program Gerakan Wakaf Sejuta Alquran. Hal ini juga sejalan dengan program yang telah mereka jalankan yakni Ayo Hijrah.

”Harapan kami dengan kegiatan ini masyarakat Kepri lebih bisa memahami dan memaknai dari membaca Alquran,” tuturnya.

Sedangkan Candra ikut mendukung kegiatan ini. Diakuinya, wakaf Alquran akan dimulai dari karyawan Batam Pos. ”Kita akan ajak teman-teman di dalam (Batam Pos, red) untuk mewakafkan sebagian penghasilannya. Intinya kita support,” kata Candra.

Batam Pos, lanjutnya, berkomitmen dengan kegiatan sosial keagamaan. Sebelumnya, Batam Pos juga membagikan sajadah di Masjid Raya, Batam Center. Sajadah ini merupakan wakaf dari pembaca setia Batam Pos. ”Harapan kita bisa menjadi amal jariyah kita,” ucapnya.

Guntur menambahkan, Batam Pos dan batampos.co.id memiliki tanggung jawab sosial dalam mendukung pembangunan Kepri.

”Pembangunan tidak melulu soal infrastruktur. Namun juga sumber daya manusia (SDM). Salah satunya mem­bangun akhlak dan melahirkan generasi muda yang beriman serta bertakwa,” kata Guntur yang juga Direktur Harian Pagi Batam Pos itu.

Dengan adanya Gerakan Wakaf Sejuta Alquran ini, diharapkan semakin banyak perusahaan, instansi, dan masyarakat yang ikut mewakafkan Alquran.

Dengan demikian, diharapkan akan lahir generasi islami yang siap membangun Kepri. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor 0811 696 845 (Socrates), 0811 7006 381 (Yaser Huda), atau 0813 7232 7127 (Wanda Sari Dewi). (rengga)

Update