Kamis, 28 Maret 2024

Pedagang Jembatan Barelang Ditata

Berita Terkait

Kios di sepanjang jalan trans Barelang.
Foto: Batam Pos/Dalil Harahap

batampos.co.id – Puluhan pedagang di sekitar Jembatan Barelang akan ditata. Kini, Tim Terpadu tengah melakukan pendekatan persuasif dengan para pedagang.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Batam Imam Tohari mengatakan, pendekatan yang juga melibatkan tokoh masyarakat tersebut dilakukan sembari berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam terkait lokasi penataan.

”Mereka (pedagang) sangat setuju ditata. Edukasi yang disampaikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam diterima dan dimengerti, jembatan Barelang merupakan ikon Kota Batam,” kata Imam, kemarin.

Imam merinci, para pedagang sebelum Jembatan 1 Barelang kini terkonsentrasi pada tiga zona. Di antaranya, tujuh pedagang di bawah jembatan dekat Tanjung Penarik, 24 pedagang tepat di area sebelum jembatan dan 11 pedagang di Dendang Melayu. Kini, pedagang di bawah jembatan sudah membongkar sendiri lapaknya.

”Yang 11 pedagang sudah ada tempatnya dipermanenkan di Dendang Melayu. Yang 24 pedagang dan tujuh pedagang ini yang kami mau bicarakan dengan Disbudpar, akan dipindahkan ke mana,” paparnya.

Menurut dia, ada satu lokasi yang dimungkinkan menjadi tempat penataan, yakni lahan kosong sisi kanan jembatan. Namun, keputusan pemindahan tetap menunggu pembicaraan dengan Disbudpar.

Menurut Imam, tidak hanya para pedagang area Jembatan 1 Barelang yang berada di sisi pulau utama Batam (masuk wilayah Sagulung) yang ditata. Namun, pihaknya juga akan menata para pedagang di Jembatan 1 Barelang sisi Pulau Nipah hingga Jembatan 2 Barelang di Pulau Setokok.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan, para pedagang kelak akan diarahkan tidak hanya menjual makanan, tapi juga berbagai macam cendera mata.

”Karena tujuannya untuk mendukung pariwisata Batam, jadi apa yang dicari wisatawan usahakan harus ada,” kata Ardi. (adiansyah)

Update