batampos.co.id – SMAN 4 Batam tidak ingin melewatkan ajang kompetisi basket antarpelajar tingkat SMA/SMK se-Kepri, yakni Batam Pos-Honda Student Basketball League (HSBL) keempat. Walaupun diperhelatan kali ini menjadi kepesertaanya yang pertama, SMAN 4 Batam langsung menurunkan tim putra dan putrinya sekaligus.

“Ya, tim basket putra dan putri kami sama-sama baru pertama kalinya ikut HSBL. Ini sebagai penga-laman untuk mereka (para pemain, red),” kata pelatih basket SMAN 4 Batam Randa Andayana, Jumat (18/1).

Ia menyebutkan, dari segi pengalaman tim putranya sudah cukup sering sparing di berbagai kegiatan kompetisi basket antarpelajar. “Sekarang lagi ikut di Ananda Cup 2019 yang diadakan Sekolah Ananda, dan sudah masuk 8 besar,” terangnya.

Sementara untuk tim putri, baru akan menjadi turnamen perdananya di ajang Batam Pos-HSBL yang akan bergulit mulai 25 Januari hingga 3 Februari 2019 mendatang ini. “Tidak berani muluk-muluk dulu, setidaknya jadi pengalaman bagi setiap pemain untuk melangkah ke kompetisi-kompetisi berikutnya,” tutur Randa.

Sebagai persiapan, ia tak menetapkan jadwal yang padat untuk melatih timnya. Formasi tim yang didominasi pemain dari kelas X ini, lebih sering mengasah kemampuan atau berlatih secara individual.

“Latihan bersamanya cukup dua kali seminggu untuk membentuk kekompakan tim,” ungkapnya. (nji)