Sabtu, 20 April 2024

Tugboat Charly Tenggelam di Ngenang

Berita Terkait

batampos.co.id – Tugboat Charly yang menarik tongkang bermuatan bio solar tenggelam di perairan Pulau Ngenang, Batam, tepatnya di koordinat 01-00,753 N/ 104-11.857 E, Jumat (18/1) pukul 17.30 WIB. Tugboat yang dinakhodai Mardiman, 35, ini tenggelam karena bocor.

Kasat Polair Polres Bintan AKP Suardi menjelaskan sekitar pukul 14.40 WIB, TB Charly bertolak dari Pertamina Tanjunguban. Tugboat menarik tongkang dengan membawa muatan bio solar dengan tujuan Pulau Burung, Guntung. Sekitar pukul 17.17 WIB, terjadi kebocoran pada tugboat yang diawaki lima orang ini. Kebocoran semakin parah setelah tugboat dihantam ombak besar.

”Sebenarnya mereka berusaha memompa air keluar, namun pompa tidak sanggup. Jadinya air masuk dari buritan,” katanya.

Setelah itu, air masuk ke bagian lainnya sampai ke kamar mesin yang mengakibatkan kapal tenggelam. Tak lama, kapal KN 357 menyelamatkan lima awak kapal, lalu dibawa ke Tanjunguban.

”Semua dalam keadaan selamat dan dibawa ke Tanjunguban,” katanya.

Kini, TB Charly sedang dievakuasi untuk ditarik ke Tanjunguban. Kasi Operasi PPLP Tanjunguban Samsul mengatakan, untuk alur pelayaran masih dipantau. Saat ini alur tenggelamnya kapal cukup dalam 20 sampai 27 meter.

”Yang ikut penyelamatan ada tim SAR, KN Sarotama, KN. 547, KN 464, dan Tim Sar dari AL,” ujarya. (met)

Update