batampos.co.id – Turnamen bola basket antarpelajar terbesar se-Kepri Honda Student Basketball League (HSBL) IV 2019 akan dimulai Jumat (25/1). Sebanyak 31 tim putra dan putri SMA/SMK se-Kepri sederajat akan bersaing menjadi yang terbaik dalam event ini.

Ditegaskan oleh Sales Manager Honda Kepri Syaiful, pelaksanaan HSBL 2019 memakan waktu lebih kurang selama sepuluh hari. “Mulai 25 Januari sampai 3 Februari 2019,” katanya saat technical meeting (TM) yang dilaksanakan di Capella Honda, Komplek Puri Industrial Park, Batam, Sabtu (19/1).

“Tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan keempat. Event ini digelar secara rutin setiap tahunnya untuk memperebutkan tiket menuju Honda DBL 2019. Event ini menjadi ajang yang dinanti oleh atlet basket pelajar SMA sederajat,” tutur Syaiful.

Sementara itu Manager Event Organizer (EO) Batam Pos Herman mangundap menerangkan sebanyak 20 tim basket putra dan 11 tim basket putri SMA/SMK sederajat mengikuti kejuaraan ini. Baik tim putra dan putri akan dibagi menjadi empat pool.

“Hanya juara dan runner up grup yang akan melaju ke babak play off. Pembukaan akan dilaksanakan Jumat (25/1) di Hi Test Arena. Sedang penyisihan akan dilaksanakan di Sekolah Yos Sudarso,” terangnya.

Untuk gladi bersih pembukaan HSBL IV 2019, akan diselenggarakan Kamis (24/1) di Hi Test Arena. “Setiap sekolah wajib untuk mengirimkan minimal satu orang perwakilannya untuk mengikuti gladi bersih,” ujar Herman.

“Selain itu, peserta juga wajib untuk mengikuti pembukaan HSBL IV 2019 yang akan dilaksanakan di Hi Test Arena, Jumat (25/1) tepat pukul 14.00 WIB. Seluruh pemain dan ofisial wajib untuk menghadiri acara ini,” tegas Herman.

Untuk pembukaan HSBL IV 2019, peserta diwajibkan untuk menyiapkan satu perwakilan untuk membawa papan nama sekolah saat pembukaan. “Dresscode untuk perwakilan adalah baju batik,” kata Herman.

Sedang jadwal pertandingan akan diumumkan saat pembukaan HSBL IV 2019. “Seluruh tim peserta harap mempersiapkan diri untuk menjalani pertandingan pembuka. Karena jadwal pertandingan, baik pertandingan pembuka atau keseluruhan akan diberikan saat pembukaan,” serunya.

Herman juga menyebutkan jika panitia masih membuka pendaftaran bagi tim putri hingga Kamis (24/1). “Ada satu tim yang mengundurkan diri, karenanya masih terbuka peluang bagi SMA/SMK sederajat untuk mendaftarkan tim basket putrinya,” papar Herman.

Sementara itu, Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Batam Satrio menyambut baik gelaran HSBL IV 2019. “Turnamen ini adalah agenda rutin antara Honda bekerja sama dengan Batam Pos dan Perbasi Kota Batam,” terangnya.

“HSBL saat ini menjadi barometer kompetisi antarpelajar di Batam dan Kepri. Apalagi HSBL digarap secara profesional oleh stake holder seperti Honda dan Batam Pos,” tutur Satrio.

Ia juga mengatakan keberadaan turnamen HSBL ini menjadi event yang ditunggu oleh atlet basket tingkat SMA. “Profesionalitas dalam pelaksasanaan ini membuat animo dan antusiasme peserta sangat tinggi. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta untuk mengikuti kejuaraan ini,” puji Satrio.

Satrio juga berharap event ini bisa mencuri perhatian dari Honda DBL untuk bisa di gelar di Kepri khususnya di Batam. “Secara sarana dan prasarana, apalagi animo peserta bisa dikatakan tidak kalah dengan daerah lainnya seperti di Jawa,” tegasnya.

Beberapa hal ditegaskan dalam regulasi HSBL IV 2019. Seperti larangan bagi pemain dan ofisial untuk membuat keonaran saat turnamen. “Keonaran yang bersifat verbal maupun nor verbal akan mendapat sanksi tegas dari panitia,” urai Herman.

“Pelanggar akan dikenakan denda sebesar Rp 250 ribu, dan dikeluarkan dari turnamen. Ini juga berlaku pada suporter. Jika terbukti suporter melakukan keonaran maka pelanggar akan dikeluarkan dari tempat berlangsungnya pertandingan,” tegasnya.

herman juga menerangkan dalam turnamen ini disiplin menjadi aturan main yang tidak bisa diganggu gugat. “Dalam regulasi dijelaskan jika pemain yang terlambat hadir saat timnya telah bermain, tidak diperkenankan untuk bertanding,” ujarnya.

“Dan hal ini juga berlaku bagi ofisial yang mendampingi timnya. jadi regulasi ini berlaku bagi pemain dan ofisial,” tambah Herman.

Datu pertandingan dalam HSBL IV 2019 akan dimainkan dalam waktu 4×10 menit. Dengan dua menit terakhir di kuarter keempat menggunakan waktu bersih. “Masing-masing tim akan mengdapat jatah empat kali time out dalam satu pertandingan,” beber Herman.

“Sedang untuk waktu time out adalah 30 detik, kecuali untuk babak final yang menggunakan waktu time out 60 detik,” jelasnya.

Sedang overtime dalam pertandingan akan diberikan waktu lima menit kotor dengan dua menit bersih. Sedang di babak final menggunakan waktu overtime lima menit bersih. Selain itu untuk keterlambatan pertandingan, panitia hanya memberikan waktu toleransi sebanyak lima menit dari jadwal yang telah ditetapkan.(nji/yan)

Peserta Putra

  • Pool A: SMA Ananda, SMAN 17, SMA Mondial, SMKN 5, SMAN 1
  • Pool B : SMA Djuwita, SMKN 4, SMAN 3, SMA Global Indo-Asia, SMA Harapan Utama
  • Pool C: SMA Maitreyawira, SMA Bintan Utara, SMA Yos Sudarso, SMAN 4, SMAN 16
  • Pool D: SMK Kartini, SMA Yehonala, SMA Maha Bodhi, SMA Immanuel, SMAN 14

Peserta Putri

  • Pool A: SMA Mondial, SMAN 4
  • Pool B: SMA Yos Sudarso, SMAN 1, SMAN 14
  • Pool C: SMA Maha Bodhi, SMAN 17, SMAN Maitreyawira B
  • Pool D : SMA Maitreyawira A, SMK Kartini, SMA Ananda