Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Natuna Matangkan Pengembangan Geopark

Berita Terkait

Pemandangan Natuna

batampos.co.id – Kepala Badan Pengelola Geopark Natuna (BPGN) Izwar Asfawi mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi geopark dengan seluruh unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah), setelah Natuna secara resmi ditetapkan sebagai salah satu geopark nasional di Indonesia. Langkah selan-jutnya adalah menjadikan Natuna sebagai bagian dari Geopark Global Unesco (GGU).

”Untuk menuju geopark global, Natuna memerlukan berbagai langkah nyata. Perlu disiapkan site-site geopark, pengelolanya, dan sarana di site-site geopark itu,” paparnya, Jumat (18/1/2019).

Izwar menegaskan bahwa geopark Natuna bukan hanya tugas BPGN atau tugas Dinas Pariwisata, namun tugas seluruh OPD dalam menyonsong geopark dunia. Apalagi perlu tindak lanjut rekomendasi yang sudah diterima dari Badan Pengelola Geopark Indonesia (BPGI), Bappenas, Kementerian Luar Negeri, dan UNESCO.

Izwar menegaskan Natuna harus bergerak cepat menuntaskan seluruh rekomendasi. Karena waktu yang tersisa dari jadwal pengusulan Natuna sebagai geopark global sudah semakin dekat, yakni September tahun ini.

”Waktu menyelesaikan rekomendasi cukup singkat, kurang dari setahun. September mendatang, Natuna sudah diajukan ke UNESCO. Natuna terus didesak oleh Bappenas untuk segera menyiapkan,” ujarnya.

Rekomendasi yang perlu dituntaskan Natuna meli-puti penetapan sub tema masing-masing cluster geologis, mengumpulkan informasi tentang keanekaragaman hayati dan kekayaan budaya, penguatan kelembagaan dan peningkatan program edukasi dan riset. Selain itu, direkomendasikan pengembangan jalur geo wisata sesuai sebaran cluster geologis. (arn)

Update