Kamis, 25 April 2024

Kios Liar Kian Semakin Banyak di Pasar Seken Aviari

Berita Terkait

batampos.co.id – Bangunan kios liar semakin menjamur di sekeliling komplek pasar seken Aviari, Batuaji. Lokasi buffer zone yang rencananya akan dijadikan taman penghijau itu nyaris tak tersisa lagi.

Puluhan kios liar yang berdiri persis di pinggir jalan itu umumnya telah ditempati. Padahal sebelumnya sudah diperingati pihak kecamatan Batuaji agar mengosongkan lokasi buffer zone paskakebakaran hebat yang menghanguskan puluhan kios liar di pinggir jalan dekat perbatasan perumahan Pemda I, dua tahun yang lalu.

Informasi yang didapat, menjamurnya kios liar ini karena ada bekingan dari sekelompok orang. Kios-kios tersebut dibangun secara bersamaan oleh sekelompok orang kemudian dijual atau disewakan kepada pedagang barang seken.

Menjamurnya kios liar itu menuai pro dan kontra bagi masyarakat di sana. Sebagian warga yang memanfaatkan lokasi row jalan itu sebagai tempat usaha mengaku tak ada masalah sebab lokasi row jalan itu tak digunakan dengan baik sebagai lahan penghijauan. Dari pada nganggur mereka berpendapat sah-sah saja jika dimanfaatkan untuk kepentingan usaha mereka.

Berbeda dengan pedagang yang menempati lahan pasar seken segara legal keberatan sebab, keberdaan kios liar itu mengganggu usaha mereka. Begitu juga dengan masyarakat umum lainnya yang berpendapat kios liar tersebut merusak estetika lingkungan sekitar. Mereka berharap agar pemerintah tidak pilih kasih menertibkan bangunan liar yang ada di kota Batam termasuk di lokasi pasar seken tersebut.

“Seharusnya yang begini ditertibkan duluan karena mengganggu kepentingan umum seperti merusak lokasi buffer zone dan mempersempit jalan,” protes Syahrul, seorang warga di lokasi pasar seken, Minggu (20/1)

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja kota Batam Fridkalter saat dikonfirmasi mengalu telah mengagendakan rencana penertiban itu. Namun belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat ini untuk menjaga keamanan menjelang pemilihan umum. “Nanti setelah Pemilu baru kami agendakan lagi,” ujarnya. (eja)

Update