Sabtu, 20 April 2024

Warga Buang Sampah di Jalan, Dalihnya ….

Berita Terkait

foto: thesun

batampos.co.id – Sejak dibersihkannya tempat pembuangan sementara (TPS) di pinggir jalan Sungai Nayon, banyak bermunculan TPS-TPS pinggir jalan. Bahkan, di samping jembatan Bengkong dekat Kecamatan Bengkong dijadikan TPS.

Camat Bengkong M Tahir tak mengelak hal tersebut. Menurutnya, masih banyak warga nakal dan membuang sampah sembarangan. Diduga sampah itu dibuang pada malam hari, saat jalanan sepi.

“Ya, kadang sampah itu dibuang di samping jembatan. Biasanya pagi langsung dibersihkan petugas,” ujar Tahir kepada Batam Pos, kemarin.

Disisi lain, Tahir tak bisa berbuat banyak, sebab memang kawasan Bengkong tak memiliki lahan penganti untuk TPS yang baru ditertibkan. Dari puluhan ribu warga Bengkong, hanya terdapat 4 TPS.

“Ini bukan TPS tetap, hanya bersifat sementara. Kalau lahan TPS tetap Bengkong belum ada. Harusnya Bengkong punya 30 TPS, namun ini hanya 4,” jelas Tahir.

Masih kata Tahir, melalui Pemko Batam ia sudah mengajukan permintaan lahan kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam. Bahkan, ia juga mengajukan peminjaman lahan kosong milik perusahaan di Bengkong untuk TPS.

“Kami sudah ajukan sekitar pertengahan Januari lalu, namun belum ada kabar. Ke Perusahaan juga sudah, masih belum ada kabar juga. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada kabar baik,” tutur Tahir.

Tak hanya itu, sejak kekurangan TPS, Satgas sampah Bengkong pernah langsung membawa sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Telaga Punggur. Namun tak berlangsung lama karena banyaknya beberapa kendala, seperti keterbatasaan armada, jauhnya jarak Kecamatan Bengkong dan TPA Telaga Punggur hingga pengeluaran untuk bahan bakar lebih banyak.

“Nah pengangkutan sampah ke TPA langsung tak jadi. Maka sampah dari pemukiman warga langsung kami serahkan ke petugas DLH untuk dibawa langsung ke TPA,” pungkas Tahir.(she)

Update