ilustrasi

batampos.co.id – Tiga agenda besar akan dilaksanakan dalam peringatan HUT ke-9 Viking Persib Club Distrik Batam, mulai Jumat (8/2/2019) hingga Minggu (10/2/2019). Tiga agenda besar yang akan dilaksanakan itu adalah konvoi Persib Bandung, meet and greet, dan training center sekaligus laga ujicoba Persib Bandung.

Ditegaskan Ketua Viking Batam Vicky, Anniversary 9th Viking Batam ini mengambil tema Begins In To The Champion. “Dalam peringatan kali ini dan seperti sebelumnya, Viking Batam akan mendatangkan tim kesayangan kita semua, Persib Bandung,” ujarnya, Minggu (20/1).

“Dan kali ini adalah untuk yang ketujuh kalinya Persib Bandung mengunjungi Batam. Meraka akan menemui secara langsung suporternya yang jumlahnya mencapai ribuan di Batam,” terang Vicky.

Vicky berharap kehadiran Maung Bandung, julukan Persib Bandung, bisa menggairahkan persepakbolaan di Batam dan Kepri. Selain itu juga memupuk solidaritas dan kesetiakawanan antar suporter tim-tim yang berlaga di kancah persepakbolaan nasional.

“Melalui sepakbola diharapkan bisa kembali meningkatkan serta menghidupkan perekonomian di daerah. Jika persepakbolaan di daerah bangkit, dengan sendirinya akan mendorong peningkatan perekonomian daerah. Apalagi Batam tengah fokus dalam pengembangan wisata olahraga untuk memancing wisatawan lokal dan manca negara,” tuturnya.

Vicky juga mengatakan jika saat ini persepakbolaan di Batam dan Kepri tengah menuju pada perkembangan yang menggembirakan. Keberadaan 757 Kepri Jaya sebagai salah satu tim yang berlaga di kompitisi nasional memancing perkembangan persepakbolaan ke arah yang lebih baik.

“Meski kami suporter dari Maung Bandung, tetapi kami juga tak segan-segan untuk memberikan dukungan pada klub lokal yang kini berlaga di Liga 3 dan Piala Indonesia, yakni 757 Kepri Jaya,” papar Vicky.

Kehadiran Persib Bandung di Batam dengan sendirinya akan memberikan motivasi lebih. Tak hanya pada persepakbolaan Batam, tetapi juga pada para pemain Persib Bandung. “Dukungan para suporter secara langsung pada Persib Bandung akan memberikan dampak positif dengan peningkatan motivasi dan semangat juang pemain,” jelas Vicky.

“Apalagi dukungan ini diberikan oleh suporter yang notabene terbilang jauh dari gemerlap penyelenggaraan Liga 1. Jauhnya jarak tidak menjadi halangan bagi Viking Batam untuk memberikan dukungan pada tim kesayangannya,” ungkapnya.

Selain itu, dengan raihan hasil dan beberapa kejadian kurang menyenangkan yang dialami Persib Bandung saat berlaga di ajang Liga 3 musim lalu menjadi pelajaran penting bagi para superter untuk mendukung tim kesayangannya. Vicky meminta agar politisasi dalam kancah persepakbolaan nusantara segera dihilangkan.

“Sepakbola harus mengajarkan bagaimana meraih kemenangan dengan cara-cara yang sportif. Semangat fairplay harus dijunjung tinggi. Kemenangan memang dihasilkan dari jerih payah, keringat, skill pemain, strategi pelatih, dan kejujuran,” tegas Vicky.

Selain itu, Vicky juga mengatakan jika Viking Batam akan berupaya untuk menjadi contoh bagi suporter dalam mendukung tim kesayangannya. “Viking Batam harus menjadi cerminan bagi suporter di daerah lain. Tak hanya pendukung Persib bandung, tetapi juga suporter tim Liga 1 lainnya,” jelasnya.

Kekerasan dalam kancah persepakbolaan nasional, lanjut Vicky, harus dihentikan. “Sudah cukup korban jiwa dalam sepakbola. Suporter harus mendukung tim kesayangannya tidak dengan membabi buta,” geram Vicky.

“Ini sesuai dengan slogan yang digunakan dalam peringatan kali ini yaitu Totalitas Bukan untuk Popularitas. Jangan memandang perbedaaan, kita adalah satu kesatuan. Utamakan kreativitas, bukan rivalitas,” tuturnya.

Persib Bandung tiba di Batam, Jumat (8/2). Langsung dilanjutkan dengan agenda pertama yakni konvoi mengelilingi Batam. Keesokan harinya Persib Bandung akan menjalani dua agenda sekaligus, yaitu training center dan meet and greet.

Training center akan dilaksanakan selama dua hari di lapangan Temenggung Abdul Jamal. Sementara untuk event meet and greet akan dilaksanakan di KBC Batam Center.

Minggu (10/2) Persib Bandung akan menjalani training center dan juga sekaligus akan menjalani laga ujicoba. “Ayo kita ramaikan event ini. Ini adalah kesempatan bergharga bisa menonton langsung tim kebanggaan kita secara langsung,” serunya. (ska)