Kamis, 28 Maret 2024

Terjadi Penyelundupan Mobil Mewah dari Singapura ke Batam

Berita Terkait

foto: tni al

batampos.co.id – Tim gabungan terdiri dari Lantamal IV, Dispamal Mabes AL dan Satgas Bais TNI mengamankan tiga unit mobil mewah bekas dari Singapura di Gudang Batam Trans milik seseorang berinisal LT, Batam Center, Sabtu (19/1/2019) lalu.

Diduga mobil ini akan diselundupkan ke Jakarta.

Dugaan berdasarkan pengembangan yang dilakukan pihak Lantamal IV.

“Dari pengembangan, didapat informasi dua kontainer sudah sampai di Tanjungpriok. Dispamal dan Bea Cukai melakukan scanner. Hasilnya positif ada dua mobil mewah,” kata Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (P) R Eko Suyanto, Senin (21/1/2019).

Pengungkapan ini bermula dari informasi masyarakat. Setelah didalami jajaran TNI AL, ternyata informasi ini benar. Akhirnya tim gabungan diturunkan melakukan pengecekan di PT Batam Trans di kawasan Batamcenter.

Sesampai di lokasi, tim menemukan ada tiga kontainer berwarna abu-abu. Kontainer dengan kode VODU 2279824 2210 ditemukan mobil Sedang Mustang warna merah tahun 1972.

foto: tni al

Lalu di kontainer abu-abu dengan kode GESU 2366360 2261, berisi mobil Nissan Skyline GTR 34 tahun 2000.

“Kontainer satunya lagi berisikan mobil yang sama, Nissan Sklyline GTR 33 tahun 2000 warna putih juga,” ucap Eko.

Terkait tiga kendaraan mewah bekas ini, Eko mengatakan sudah berkoordinaai dengan pihak Bea Cukai, untuk dapat ditindak lanjuti.

“Akan kami diserahkan ke Bea Cukai, karena wewenangnya mereka,” ucapnya.

Kepala Bea Cukai Batam, Susila Brata membenarkan informasi ini. Ia mengatakan bahwa kedua instansi sedang berkoordinasi terkait penemuan TNI AL.

“Saya hanya bisa bilang, kami lagi jalin koordinasi,” ujarnya. (ska)

Update