ilustrasi Muslim.

batampos.co.id – Empat pemuda ditangkap dan didakwa atas dugaan akan menyerang komunitas Muslim kecil di New York bernama Islamberg. Para tersangka dituduh memiliki bom rakitan dan senjata api guna melakukan aksi kejinya tersebut.

Komunitas Islamberg terletak di sebelah barat Pegunungan Catskill dekat Kota Binghamton. Komunitas Islamberg telah menjadi sasaran teori konspirasi yang menuding mereka memiliki kamp pelatihan teroris.

Loading...

Keempat pemuda yang ditangkap bernama Andrew Crysel, 18 tahun, Vincent Vetromile, 19 tahun, dan Brian Colaneri, 20 tahun, dan seorang pemuda tak disebutkan namanya, 16 tahun.

Penyelidik mengatakan, pemuda itu dari Kota Greece di barat laut New York. Mereka membuat tiga alat peledak menggunakan selotip dan toples besar serta silinder yang berisi paku dan proyektil lainnya.

Dilansir dari BBC, polisi mengatakan, mereka ditemukan di rumah remaja berusia 16 tahun itu. Sekitar 23 senjata api juga ditemukan di berbagai lokasi.

Kepala Polisi Greece, Patrick Phelan mengatakan, penyelidikan itu diluncurkan setelah komentar yang dibuat oleh anak berusia 16 tahun di sekolah dan didengar oleh seorang siswa.

Kelompok Islamberg yang kebanyakan orang Afrika-Amerika menetap di sana untuk menghindari kejahatan dan kepadatan di New York.

Penduduk setempat menggambarkan komunitas itu damai dan ramah. Namun media massa yang dipimpin oleh konspirasi sayap kanan seperti Infowars menyebut mereka merupakan kamp teroris. (jpc)

Loading...