Jumat, 19 April 2024

Monyet Mati Kesetrum di Travo, Listrik Padam

Berita Terkait

F. WIJAYA SATRIA/BATAM POS
Seorang warga sedang melintas di pintu gerbang Kantor UPL Dabo Singkep, Selasa (22/1/2019).

batampos.co.id – Warga Dabo Singkep dalam satu pekan terakhir sering mengalami pemadaman listrik secara tiba-tiba. Meski pemadaman tidak berlangsung lama, namun hal ini berdampak pada pelaku usaha maupun perabotan rumah tangga yang membutuhkan listrik.

Supervisor Teknik PT PLN (Persero) ULP Dabo Singkep Mazli mengatakan pemadaman yang terjadi beberapa hari lalu, akibat gangguan alam yakni kondisi cuaca serta gangguan satwa liar yakni monyet yang kena setrum di satu travo listrik di Batukacang.

“Ada dua kali pemadaman dalam minggu lalu. Ada akibat cuaca yakni petir yang menyambar alat kami di Resang dan Simpang Bandara Dabo Singkep,” ujar Mazli ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019).

Mazli memastikan seluruh kondisi mesin pembangkit listrik yang ada prima. Ia memastikan tidak ada pemadaman listrik akibat kerusakan listrik. Namun, Mazli tidak dapat memastikan kalau pemadaman datang dari luar sistem seperti kondisi cuaca dan akibat alam lainnya.

“Saya kira ke depan tidak akan ada pemadaman jika ditinjau dari kesiapan mesin pembangkit dan lainnya. Tapi kalau dari faktor alam kami tidak dapat memastikan itu,” ujar Mazli.

Saat ini, PT PLN (Persero) ULP Dabo Singkep bersama kantor yang ada di Daik Lingga telah melayani sebanyak 22 ribu lebih pelanggan se-Kabupaten Lingga. Memenuhi kebutuhan listrik ke seluruhan pelanggan itu, PLN menyuplai 3,7 mega watt.

Namun PLN masih dapat menampung dan menerima pelanggan baru karena masih memiliki kelebihan daya. Di mana kemampuan mesin sebesar 5,2 mega watt.

“Jika ada permohonan dengan jumlah besar, kami juga berharap agar permohonan disertai dengan bukti pembangunan yang jelas,” kata Mazli. (wsa)

Update