Rabu, 24 April 2024

Semua Madrasah Gelar UNBK

Berita Terkait

Pelajar MAN 1 Batam di Sagulung berjalan keluar dari pekarangan sekolah, beberapa waktu lalu. Seluruh madrasah di Batam kini menyelenggarakan UNBK. (Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos.co.id – Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Batam yang bernaung di bawah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Batam tahun ini seluruhnya akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Jumlahnya yakni masing-masing dua MTs Negeri dan 19 untuk MTs Swasta.

”Sama seperti tahun kemarin. Tahun ini UNBK sudah dilaksanakan 100 persen,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Erizal Abdullah, Rabu (23/1).

Menurutnya, untuk dua MTs Negeri, ada 417 siswa yang akan melaksanakan UNBK di tahun ini. Terdiri dari 152 siswa laki-laki dan 265 siswa perempuan. Sedangkan untuk 19 MTs Swasta terdata 651 siswa bakal melaksanakan UNBK.

Mereka terdiri dari 363 siswa laki-laki dan 288 siswa perempuan.

”Totalnya 1.068 siswa. UNBK dari tahun kemarin,” tuturnya.

Kepala Seksi Bidang Madrasah Kemenag Kota Batam Muhammad Dirha menambahkan sekolah yang berada di pulau penyangga (hinterland) tetap akan melaksanakan UNBK. Madrasah di hinterland yang sudah bisa melaksanakan UNBK mandiri, di antaranya MTs Negeri 2 yang berada di Pulau Belakangpadang.

”UNBK Karena sudah memiliki sarana dan prasarana memadai,” kata Dirha.

Selain MTs dan MA negeri, juga terdapat 19 MTs swasta dan 13 MA swasta. Madrasah swasta ini sebagian di antaranya melaksanakan UNBK dengan menumpang di madrasah lain.

Seperti MTs Marhamah di Pulau Setokok yang menumpang UNBK di MAN 1 Sagulung. Kemudian madrasah di Pulau Bulan Lintang juga menumpang di MAN 1. Sementara MTs Nurul Iman di Pulau Mongkol menumpang di MTsN 2 Belakangpadang.

”Anak-anak dari pulau nanti diinapkan di rumah warga sekitar madrasah tempat menumpang UN. Agar tidak bolak-balik,” ujarnya.(rengga)

Update