Jumat, 29 Maret 2024

Jalin Kerja Sama Dua Kabupaten

Berita Terkait

Kabupaten Lingga memiliki lahan perkebunan kelapa yang sangat luas. Untuk itu dibutuhkan upaya agar petani kelapa di Lingga bisa meningkatkan produksi. (Wijaya Satria/Batam Pos)

batampos.co.id – Pemkab Lingga akan menggandeng Pemkab Tanjungjabung Timur dan Indragiri Hilir dalam upaya pemanfaatan kelapa.

Kepala Bagian Kominfo dan Humas Setda Lingga Buana Fauzi Februari mengatakan, kerja sama dilakukan mulai dari sektor hulu dan hilir kelapa, meningkatkan SDM, dan sumber daya alam serta berjuang bersama ke pemerintah pusat agar otoritas kelapa dapat berdiri.

“Hingga saat ini komoditas kelapa dipercaya dapat meningkatkan APBD serta perekonomian masyarakat di daerah penghasil kelapa,” kata Buana kepada Batam Pos, Senin (28/1) pagi.

Pemkab Lingga akan mengembangkan tanaman kelapa rakyat berupa pembaruan kawasan, peremajaan dan juga dalam hal revitalisasi kelapa. Pemkab Lingga berkomitmen untuk menyisih-kan dana APBD dan mendapatkan dana APBN dalam pengembangan kelapa tersebut.

Selain itu, melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UKM dan Perindustrian juga men­dirikan sentra industri kecil menengah (IKM) pengolahan kelapa di Desa Resang yang da­pat digunakan petani kelapa dalam mengolah sabut dan bahan lainnya dari kelapa.

“Setelah berdirinya IKM kelapa tersebut, petani kelapa dapat menjual bahan bahan baku kelapa serta memproduksi sendiri bahan baku tersebut agar memiliki nilai jual,” ujar Buana.

Tercatat pada data statistik perkebunan, Kabupaten Lingga di 2018 telah menghasilkan kelapa seba-nyak 1.350,18 ton kelapa. Jumlah tersebut berasal dari luas lahan sebesar 2.993 hektare, sedangkan lahan yang intens menghasilkan kelapa seluas 1.300 hektare. (wijaya satria)

Update