foto: batampos.co.id / ryan

batampos.co.id – Tim basket putri SMA Maha Bodhi sukses melaju ke babak semifinal, setelah mengalahkan tim putri SMA Maitreyawira A pada pertandingan babak perempat final Batam Pos-Honda Student Basketball League (HSBL) IV 2019 yang berlangsung di GOR Sekolah Yos Sudarso, Batam Center, Senin (28/1/2019).

Pertadingan kedua tim sejatinya berlangsung seimbang. Saling kejar dalam perolehan poin terjadi sedari kuarter pertama hingga kuarter keempat. Tak heran, poin akhir dari duel kedua tim ini terpaut tipis, yakni 28-27 untuk kemenangan tim putri SMA Maha Bodhi.

Sedangkan di pertandingan lainnya, tim putri SMA Ananda juga lolos ke babak semifinal usai mengalahkan SMAN 17 dengan poin hasil akhir 39-17. Sementara tim putri SMA Yos Sudarso kontra SMAN I Batam yang masih menjalani babak penyisihan terakhir, laga berlangsung tak seimbang. SMA Yos Sudarso berhasil meraih tiket lolos ke babak perempat final usai menang dengan poin terpaut sangat jauh, 75-6.

Sementara itu, di sektor putra yang masih menjalani fase babak penyisihan menyajikan beberapa partai.

Di pertandingan partai pertama, tim putra SMA Ananda menyingkirkan SMAN 17 dengan poin 98-9. Sedangkan tim putra SMA Maitereyawita mengirim pulang tim SMA Bintan Utara usai bermain ketat yang berakhir dengan poin 48-42.

Selanjutnya di laga babak penyisihan putra lainnya, SMA Yehonala tidak mampu mengimbangi permainan tim SMK Kartini. Laga pun berlangsung timpang, dimana SMK Kartini berhasil menyudahi permainan dengan selisih poin cukup jauh, 56-10. Sedangkan laga SMA Immanuel kontra SMAN 14 juga berlangsung tak seimbang. SMA Immanuel berhasil menyudahi permainan dengan poin akhir 20-0. Namun pertarungan sengit tersaji antara tim SMA Djuwita versus SMKN 4. Namun laga dimenangkan SMA Djuwita dengan poin akhir 38-36.

Manajer Event Organizer Batam Pos yang juga Ketua Pelaksana Batam Pos-HSBL IV 2019 Herman Mangundap mengatakan, kompetisi basket antarpelajar tingkat SMA/SMK sederajat se-Provinsi Kepri, sebagai bentuk kepedulian perusahaan swasta terhadap para siswa-siswi sekolah di Batam dalam menyalurkan hobi dan bakat mereka.

”Melalui turnamen antarpelajar ini kami harapkan dapat memacu semangat pelajar, tidak hanya untuk olahraga saja tapi juga untuk cabang olahraga lain juga,” ujar Herman di sela-sela pertandingan antara tim putri SMA Maha Bodhi kontra tim putri SMA Maitreyawira A, kemarin sore.

Herman berharap, HSBL ini bisa menjadi olahraga bergengsi di Kepulauan Riau (Kepri), sehingga para pelajar menjadi termotivasi untuk terus berlatih agar bisa memenangkan pertandingan pada turnamen lainya.

”Itulah tujuan kita, agar nantinya para pelajar di Kepri memiliki prestasi di bidang olahraga pada kancah nasional bahkan internasional,” harapnya.

Ia mengatakan, pada hari keempat pelaksanaan Batam Pos-HSBL IV 2019 kemarin, menyajikan empat belas tim yang berlaga baik babak penyisihan tim putra dan partai perempat final di sektor putri. Pertandingan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.

”Yang terakhir berlaga adalah SMA Djuwita melawan SMK N 4 Batam,” sebutnya.

Pada babak ini sudah masuk pada tim-tim yang cukup kuat dan akan kita saksikan siapa yang akan menjadi juara HSBL untuk tahun 2019 ini.

”Semoga bagi tim yang menang nantinya bisa lebih giat berlatih agar bisa bertanding pada turnamen yang lebih bergengsi,” ujarnya.(yan)