batampos.co.id – Meski ba­ru terbentuk, Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Ba­tam sudah mulai menunjukkan kiprahnya dalam mendukung pembangunan di Kota Batam.Dalam waktu dekat TSP Kota Batam akan membangun dua rest area di sepanjang jembatan satu sampai jembatan enam Barelang.

Rest area ini menjadi program utama TSP Kota Batam karena sudah mendesak dan sangat penting untuk mendukung pariwisata. “Program ini sudah kami bicarakan dengan berbagai pihak,” kata ketua TSP Kota Batam Johanes Kennedy, Senin (28/1/2019).

Pria yang akrab disapa Jhon ini mengatakan, saat ini pihaknya sudah merumuskan beberapa kegiatan yang akan dilakukan TSP Kota Batam. Rest area masuk prioritas utama.

“Rest area ini menurut kami sangat penting. Karena banyak wisatawan yang mengeluhkan kesulitan mencari tempat peristirahatan ketika hendak ke Pulau Abang atau objek wisata lain di sekitar Galang,” ungkapnya.

Dengan adanya rest area ini, para turis tidak akan kesulitan mencari kamar mandi atau tempat bersantai sebelum sampai ke tempat tujuan. Sehingga mereka akan merasa nyaman saat berwisata diBatam, terutama wilayah Rempang dan Galang.

“Kita ingin destinasi wisata di daerah Galang sana menjadi maju. Makin banyak dikunjungi dan akan berdampak kepada ekonomi masyarakat sekitar,” tambahnya.

Ia mengatakan, saat ini banyak turis lokal maupun mancanegara yang enggan ke daerah Rempang-Galang dengan berbagai alasan.

“Kita sangat malu, kalau turis terutama turis asing hendak buang air tetapi tidak ada tempatnya,” ujarnya.

Menurutnya, jarak tempuh mulai jembatan satu sampai jembatan enam Barelang sekitar 60 kilometer. Sehingga sudah selayaknya dibangun rest area di sekitar jembatan itu. Rencananya, selain kamar kecil atau toilet, nantinya rest area ini akan dilengkapi dengan musala, tempat makan, tempat bermain anak, dan parkir.

“Jadi kalau lagi jam salat maka bisa langsung ke sana. Kalau mau ke kamar mandi di sana tersedia. Ini akan dibuat seaman dan senyaman mungkin,” katanya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi beberapa waktu lalu tegas mengatakan akan mendukung program TSP. Program-program TSP ini dinilai sangat mendukung perkembangan Batam sebagai daerah pariwisata.

“Saya sangat mendukung penuh program ini. Kita berharap semua warga di Batam sama-sama memajukan Batam ini,” ujarnya. (ian)