batampos.co.id – Dalam mengamankan pesta demokrasi, 17 April 2019 mendatang, Polresta Barelang bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu maupun instansi terkait melaksanakan apel konsolidasi bersama dan simulasi pengamanan di TPS dengan Linmas se-Kota Batam di halaman Polresta Barelang, Selasa (29/1/2019).

Dalam apel itu, Kapolresta Barelang Kombes Hengki mengecek seluruh persiapan Linmas dalam membantu tugas kepolisian nantinya. Baik itu, kesiapan logistik, kesiapan sarana pra sarana, persiapan personel Linmas maupun Polri yang akan melakukan pengamanan 17 April 2019 lalu.

“Dimana, anggota Linmas di seluruh Kota Batam ini kita perlukan dan kita butuhkan dalam pengamanan pada tanggal 17 April 2019 nanti. Terutama, pada saat pengamanan di TPS,” ujarnya.

Dikatakannya, ribuan personel dari Polri, TNI, Linmas maupun dari instansi lainnya itu akan turut mengamankan sebanyak 2.923 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 Kecamatan di Kota Batam. Dimana, dalam penga-manan itu Polresta Barelang mengerahkan personel sebanyak 1.029 orang dan dibantu dengan Polda Kepri.

“Semakin hari, persiapan sudah semakin baik. Baik itu dari penyelenggara, KPU, Bawaslu, termasuk dari Polresta Barelang. Semua sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Selain apel konsolidasi, juga dilaksanakan simulasi pengamanan di TPS yang akan dilakukan oleh petugas Linmas dan Polri. Simulasi itu, mulai dari masuk ke dalam TPS, melakukan pemilihan suara, sampai keluar dari TPS. Selain itu juga, Hengki bersama dengan KPU maupun Bawaslu juga memberikan pemahaman tugas Linmas maupun tugas Polri dalam pemungutan suara itu.

“Artinya, kita selenggarakan simulasi pemilihan di TPS itu tadi, agar segala permasalahan yang muncul di TPS saat pemu-ngutan suara nanti bisa diatasi dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya. (egi)