ilustrasi

Wings Air dengan penerbangan nomor IW-1161 yang melayani rute dari Bandar Udara Naha di Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (NAH) menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (MDC).

Penerbangan ini telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

Loading...

Wings Air dengan ATR 72-500 registrasi pesawat PK-WHK yang membawa empat kru serta 67 penumpang.

Wings Air menyatakan bahwa operasional penerbangan IW-1161 “tidak sempat mengalami hilang kontak” seperti yang disampaikan (unggah) dalam sosial media.

Yang terjadi ialah pilot Wings Air memutuskan untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) IW-1161 pukul 12.31 WITA ke Bandar Udara Djalaludin di Gorontalo (GTO).

Hal tersebut dikarenakan cuaca di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi buruk. Jarak pandang pendek (below visibility) sekitar pukul 09.00 – 13.30 WITA, sehingga tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan.

Pesawat mendarat dengan selamat di Gorontalo pukul 13.50 WITA. Setelah Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi dinyatakan aman untuk penerbangan (safe to flight), Wings Air mempersiapkan operasional dengan baik. Pesawat lepas landas dari Gorontalo pukul 14.40 WITA dan sudah tiba di Manado pada 15.45 WITA.

Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu.

Demikian pernyataan Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro. (*)

Loading...