Kamis, 28 Maret 2024

Batam Gagal Bangun BLK tahun ini

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Rencana Batam untuk memiliki Balai Latih Kerja (BLK) oleh Kementerian Tenaga Kerja tahun ini gagal terwujud karena belum selesainya permasalahan lahan.

Kepala Dinas Tenaga (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan rencana pembangunan harus tertunda hingga tahun 2020 mendatang. Pasalnya tahun ini Kemenaker tidak menyiapkan anggaran karena belum selesainya legalitas lahan.

“Tahun ini tidak ada dianggarkan, jadi tak ada pembangunan tahun ini,” kata dia, Kamis (31/1).

BLK yang rencananya dibangun di Tanjunggundap Sagulung ini diperuntukkan untuk pengembangan keahlian dan keterampilan calon pekerja. Tahun angggaran pertama pusat akan menyiapkan anggaran Rp 45 miliar.

“Setahun ini cukuplah untuk proses penyelesaian legalitas lahan BLK tersebut,” sebutnya.

Rudi menyebutjan sebagai kota industri keberadaan BLK sangat dibutuhkan. Hal ini agar calon pekerja bisa mempelajari lebih awal mengenai dunia industri. BLK nantinya kan dilengkapi peralatan dan fasilitas pendukung pelatihan. Kehadiran BLk ini bisa dijadikan salah satu tempat melatih calon pekerja.

“Jadi saat masuk ke industri mereka sudah paham dan memiliki keahlian,” tambah pria yang pernah mengepalai Dinas Perindistrian dan Perdagangan Kota Batam.

Untuk itu, tugas berat daerah saat ini adalah menggesa penyelesaian dokumen yang menjadi persyaratan pembangunan BLK. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BP Batam untuk mempercepat proses legalitas lahan.

“Pertengahan tahun ini harusnya sudah selesia. Sehingga di pembahasan APBN 2020 mendatang sudah bisa dianggarkan,” tutupnya. (yui)

Update