batampos.co.id – Menjelang perayaan Imlek 5 Februari, masyarakat keturunan Tionghoa mulai berbenah. Imlek merupakan perayaan tahun baru dimulainya perputaran kalender Tionghoa. Tahun ini ditandai dengan dimulainya shio Babi Tanah.

Ahli Feng Shui Suhu Yo menjelaskan ada tiga hal yang harus dilakukan menjelang perayaan Imlek. Hal itu agar tak ada hambatan dan kesukaran sepanjang tahun nanti.

“Ada beberapa hal yang harus diselesaikan dan dipersiapkan sebelum Imlek. Sehingga kalimat Gong Xi Fa Cai bisa lebih gembira diucapkan,” katanya baru-baru ini di Glodok, Jakarta Barat.

1Rukun dengan Keluarga

Menurut Suhu Yo sebelum Imlek masing-masing orang harus menghilangkan perselisihan atau salah pendapat dengan keluarga. Sebab Imlek memiliki makna untuk berkumpul bersama keluarga. “Sebelum Imlek masuk kita harus mendamaikan dan hilangkan perselisihan dengan keluarga,” tegasnya.

2Bayar Utang

Memasuki tahun yang baru, akan lebih baik jika utang-utang yang kecil dibayarkan dulu. Sehingga di tahun baru nanti seseorang bisa memulai dengan lembaran baru. “Hilangkan atau bayar utang dengan saudara yang kecil-kecil. Kalau utang yang besar kayak cicilan kan enggak mungkin,” kata Suhu Yo tertawa.

3Membersihkan Rumah

Sebelum Imlek disarankan untuk membersihkan rumah. Sehingga akan mendatangkan rezeki dan keberkahan. “Justru saat Imlek jangan bersih-bersih rumah. Nanti malah hilang rezekinya,” jelasnya. (nurul/JPG)