batampos.co.id – Kacang hijau biasa diolah menjadi berbagai macam masakan. Apalagi, mengonsumsi kacang hijau rutin setiap hari, sangat baik untuk kesehatan.

Kacang hijau bisa diolah menjadi bubur kacang hijau, atau direbus dan diminum airnya saja, dijadikan menu utama, hingga dijadikan minuman dingin. Kacang hijau punya keseimbangan nilai gizi yang baik dengan banyak vitamin dan mineral.

Kacang hijau mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang bermanfaat, yang menjadikannya sangat baik bagi diet sehat. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram kacang hijau rebus mengandung 7,02 gram protein, 19,15 gram karbohidrat, termasuk 2 gram gula, 7,60 gram serat makanan.
kacang hijau, manfaat kacang hijau, khasiat kacang hijau,

Kacang hijau juga merupakan sumber vitamin B yang baik yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dan menjaga kesehatan otak. Secara khusus, kacang hijau adalah sumber vitamin B-9 yang sangat baik. Kacang hijau dikenal sebagai folat. Folat sangat penting sebelum dan selama kehamilan.

Laporan USDA bahwa 100 gram kacang hijau mengandung 159 mikrogram (mcg) folat. Tunjangan harian yang direkomendasikan untuk folat adalah 400 mcg untuk orang dewasa dan 600 mcg selama kehamilan. Dilansir dari Medical News Today, Senin (4/2), ada enam manfaat konsumsi kacang hijau setiap hari.

1Efek antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam kacang hijau menunjukkan aktivitas antioksidan.

2Anti-jamur

Kacang hijau bersifat antijamur dan antimikroba. Misalnya bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan tukak lambung.

3Anti-inflamasi

Studi menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau bisa memperbaiki gejala kondisi peradangan, seperti alergi.

4Diabetes

Studi pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.

5Hipertensi

Studi pada tikus menunjukkan ekstrak kecambah dapat membantu menurunkan tekanan darah.

6Kanker

Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam kacang hijau memiliki sifat antitumor. Sehingga kacang hijau baik dikonsumsi rutin. (nurul/JPG)