batampos.co.id – Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri periode 2018ā€“2023 resmi dilantik Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (4/2/2019). Dalam kesempatan yang sama, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kepri juga dilantik Ketua IKWI Pusat.

Seluruh pengurus PWI Kepri, berikut Dewan Kehormatan dan Dewan Penasihat, Ketua PWI periode sebelumnya, Ramon Damora serta sesepuh dan tokoh pers Kepri hadir dalam acara yang berlangsung penuh kekeluargaan ini.

Loading...

Pemerintah Provinsi Kepri juga memberikan atensi khusus dalam prosesi pelantikan organisasi wartawan tertua di Indonesia tersebut. Hal ini ditandai hadirnya Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Sekda Kepri TS Arif Fadillah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Syamsul Bahrum, serta sejumlah pejabat teras Kepri lainnya.

Hadir juga sejumlah unsur Muspida dan tokoh Kepri Huzrin Hood.

Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim menekankan perlunya sinergi yang optimal antara pemerintah daerah dengan pers khususnya yang berada di bawah naungan PWI, agar tercipta kerja sama yang positif dalam pembangunan daerah. Ia juga memaparkan sejumlah agenda PWI Kepri, baik yang sudah dilakukan maupun yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“PWI Kepri akan bekerja maksimal dengan menggerakkan roda organisasi yang tidak hanya dikomando dari ketua, namun semua lini mulai dari jajaran wakil ketua dan seksi-seksi untuk memaksimalkan fungsinya masing-masing secara otomatis dan kreatif,” ujar Candra.

Di samping itu, ia juga berbicara tentang peningkatan kualitas wartawan dengan adanya pelatihan-pelatihan dan mendukung penuh para wartawan yang memenuhi syarat untuk bergabung bersama PWI.

Terkait pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang berlangsung di Surabaya, 9 Februari mendatang, Candra merinci sejumlah kegiatan menjelang acara yang sudah dilaksanakan PWI Kepri. Begitu juga mengenai kiprah PWI Kepri yang terlibat serius dalam pengawasan Pemilu 2019 dengan telah dibentuknya Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Kepri.

“Sekarang resmi dilantik, saatnya kerja, kerja, dan kerja,” tegasnya.

Menurut Candra, PWI Pusat telah membuat terobosan baru, bahwa tidak ada lagi PWI cabang atau perwakilan di daerah. Tetapi langsung menyebutkan PWI daerah. Ditegaskan Candra, pihaknya berkomitmen untuk membentuk PWI di sejumlah daerah di Kepri. Baik itu di Bintan maupun daerah lainnya.

“Khusus untuk di internal PWI Kepri sendiri, kita akan mengaktifkan kembali peran masing-masing pengurus. Karena ketua hanya sebagai simbol organisasi,” tegas Candra.

Candra Ibrahim, Ketua PWI Kepri, mengayunkan pataka seusai dilantik.
foto: agus bagjana

Senada dengan Candra, Ketua PWI Pusat Atal S Depari menuturkan pentingnya peningkatan kualitas insan pers, serta perlunya penekanan independensi wartawan khususnya yang bernaung di bawah PWI.

“Di tahun politik ini, kita tetap bisa menunjukkan netralitas dan tidak terlibat di dalam politik praktis melalui pemberitaan,” sebut Atal.

Ditambahkannya, untuk mendukung terlaksananya Pemilu 2019 ini, Mappilu yang digagas PWI akan diperkuat lagi pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, pekan depan. Ia berkeyakinan, dengan banyak wartawan yang akan tergabung dalam Mappilu nanti, bisa mendapatkan pengakuan khusus dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Ke depan kita juga akan mengasah kecakapan wartawan yang tergabung di PWI. Yakni melalui Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI),” jelas Atal.

Dalam acara pelantikan kemarin pengurus PWI memberikan pin PWI kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakil Gubernur Kepri Isdianto, dan Sekdaprov Kepri TS Arief Fadillah.

”Baru kali ini pelantikan pengurus PWI istimewa karena langsung dihadiri gubernur, wakil gubernur, dan sekda. Saya sudah banyak ke daerah lain, Kepri memang hebat,” ujar Atal.

Sementara Gubernur Kepri Nurdin Basirun dalam sambutannya mengapresiasi hubungan baik yang terbina antara PWI dan pemerintah daerah selama ini.

“Saya secara pribadi sangat dekat dengan PWI. Semoga sinergi yang terbina selama ini dapat terus dipertahankan,” ungkapnya.

Menurutnya, PWI sebagai salah satu penyedia informasi, memegang peranan besar dalam menciptakan suasa kondusif di tengah-tengah masyarakat.

“Kami apresiasi kontribusi para wartawan yang ikut berperan serta dalam mensukseskan pembangunan di Kepri ini,” ujar Nurdin. (nji/jpg)

Loading...