Kamis, 25 April 2024

Imlek di Vihara Samudra Dharma

Berita Terkait

Foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Perayaan Imlek di Vihara Samudra Dharma berlangsung meriah. Dari pagi warga Tionghua terlihat suka cita menyambut menyambut datangnya tahun baru Cina. Perayaan dibuka dengan ibadah hingga penampilan barongsai.

Didominasi pakaian warna merah, mereka memboyong serta keluarga untuk sembahyang di vihara. Tidak saja itu bagi pengunjung yang datang juga mendapat angpao dari pengelola vihara.

Ketua Harian Vihara Samudra Dharma, She Xian Ming mengatakan pemberian angpao merupakan hoki untuk semua pengunjung di tahun ini. Semoga tahun ini semua yang dilakukan bisa lebih baik.

“Usahanya lancar, keselamatan bagi semua,” sebutnya.

Ia mengungkapkan dalam perayaan kali ini juga ada doa khusus untuk Indonesia yang tengah mendapat ujian. Ke depan semoga semua bisa damai dan aman. Perayaan Imlek juga menarik perhatian bagi warga yang tidak merayakan. Menurutnya vihara memang dibuat untuk umum. “Seluruh agama bisa berkunjung. Semua rukun dan saling menghargai,” sebutnya.

Pria yang akrab disapa Ameng ini mengaku sembahyang mungkin akan terus berlangsung hingga hari kedua dan ketiga. Biasanya juga ada wisatawan dari luar Batam maupun luar negeri yang sembahyang di vihara.

“Banyak juga wisatawan yang kesini. Untuk sembahyang. Mungkin besok (hari ini, red) mereka datang,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Muda- Mudi Vihara Samudra Dharma, Pebrianto mengatakan dalam perayaan tahun ini berlangsung sangat sederhana dan lebih banyak bersyukur kepada sang pencipta.

“Semoga kita semua diberi kelancaran rejeki, usaha dan yang lainnya. Perayaan jauh lebih sederhana bila dibanding tahun lalu. Dulu kami gelar lebih meriah dari tahun ini,” sebutnya.

Sementara itu warga terlihat sangat khusuk sembahyang dan berdoa. Umat Budha terlihat mulai datang dari pagi untuk merayakan tahun baru Cina yang ke 2570 atau tahun Babi Tanah. (yui)

Update