Rabu, 24 April 2024

SMA Kartini Gaungkan Revolusi Industri 4.0

Berita Terkait

batampos.co.id – Kartini High School yang disingkat Karhisu menjadi agenda rutin tahunan Sekolah Kartini untuk mengembangkan potensi para sisiwa. Tidak hanya bagi lingkungan Sekolah Kartini, namun melibatkan peserta dari sekolah se-Kepri.
“Kali ini merupakan gelaran Karhisu V (kelima) dimana SMA Kartini sebagai penye-lenggaranya,” kata ketua panitia Karhisu V Ani Muslimah, Rabu (6/2/2019).

Dalam kegiatan yang digelar tiga hari itu, yakni 6-7 Februari di SMA Kartini dan 9 Feb-ruari di Mega Mall mengusung tema mengenai tantangan revolusi industri 4.0 di dunia pendidikan.

“Konsepnya berbeda dari tahun sebelumnya. Ada seminar pendidikan tentang tema tersebut untuk para guru, guna menjembatani edukasi yang didapat ke para siswanya,” terang Ani.

Sementara bagi para siswa, digelar edu fair dan berbagai perlombaan yang juga berkaitan dengan revolusi industri 4.0. Perlombaan itu berupa cerdas cermat tingkat SMP sederajat, olimpiade sains untuk SMP dan SMA sederajat, film pendek untuk SMA sederajat, dan e-sport Mobile Legend untuk SMP dan SMA sederajat.

Kepala SMA Kartini Akmal menambahkan, pihaknya siap menjawab tantangan revolusi industri 4.0 yang berkaitan erat dengan pemanfaatan teknologi dan internet (digitalisasi) melalui berbagai ekstrakurikuler sekolah.

“SMA Kartini punya lebih dari 20 ekstrakurikuler yang pada umumnya berkaitan dengan digitalisasi. Selain itu, dalam kurikulum sekolah khususnya pelajaran bahasa Inggris juga Mandarin ada penambahan, karena kedua bahasa tersebut umum digunakan di revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Hal itu senada dengan harapan Ketua Yayasan Keluarga Batam (YKB) Sri Soedarsono, yang menaungi Sekolah Kartini.

“Revolusi industri 4.0 merupakan tantangan yang harus siap dihadapi. Untuk itu, semua unsur pendidikan mulai dari guru hingga para siswa dapat mampu bersaing di era yang baru ini. Jangan takut, kita bisa,” ungkap Sri meyakinkan.(adv)

Update