F. AULIA RAHMAN/BATAM POS
Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menyerahkan bantuan benih ikan lele kepada kelompok nelayan budidaya ikan air tawar.

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Natuna terus mengembangkan budidaya perikanan. Dukungan pengem-bangan tersebut dilakukan pemberdayaan kelompok nelayan melalui pemberian bantuan benih ikan.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan, program bantuan benih ikan adalah prioritas andalan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Saat ini pemerintah daerah memberikan dukungan penuh untuk melakukan sinkronisasi program kementerian.

”Bantuan benih adalah program kreatif inovatif, sebagai langkah terobosan yakni memenuhi kebutuhan benih bermutu untuk pembudidaya ikan. Ini diharapkan terus meningkatkan produktivitas usaha masyarakat,” kata Hamid Rizal saat menyerahkan bantuan benih ikan di balai benih UPTD Perikanan di Teluk Baruk, Rabu (6/2/2019).

Pemberian benih ikan budidaya tersebut diterima oleh lima kelompok budidaya air tawar di Natuna. Benih yang diberikan berupa benih ikan lele. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat dengan memenuhi permintaan pasaran lokal sebagai langkah awal.

Dikatakan Hamid, Natuna memiliki potensi kelautan yang sangat besar, namun tidak boleh mengabaikan keberadaan potensi perikanan air tawar. Jika dikelola dan dibudidayakan dengan baik dan tekun serta mengikuti perkembangan teknologi, budidaya ikan air tawar mampu berkembang dengan baik.

Hamid menambahkan, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang perubahan peralihan kewenangan kawasan kelautan yang beralih menjadi kawasan pengelolaan provinsi, maka sektor perikanan air tawar mampu menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab Natuna Zakimin mengatakan, pada tahun 2017 lalu, balai benih ikan Teluk Baruk mampu memproduksi benih ikan air tawar jenis lele untuk diserahkan kepada kelompok nelayan pembudidaya ikan air tawar di seluruh Kabupaten Natuna.

Menurutnya secara teknologi produksi ikan air tawar jauh lebih mudah dan lebih murah dari pada ikan air laut. Selain itu keberadaan balai benih juga sebagai sarana pelatihan bagi kelompok nelayan. (arn)

Loading...