Jumat, 29 Maret 2024

Disdik Prioritas Tuntaskan Sekolah Numpang

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam menargetkan penyelesaian sekolah yang masih menumpang hingga akhir tahun ini. Saat ini masih ada lima sekolah yang masih numpang gedung di sekolah lain.

Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan mengatakan secara bertahap pihaknya mulai menyelesaikan pembangunan gedung sekolah yang siswanya masih numpang.

Ia menyebutkan dua SMPN baru yang dibuka tahun lalu masih menumpang hingga saat ini. Dua sekolah tersebut terpaksa dibuka karena membludaknya jumlah siswa yang ingin masuk sekolah negeri.

“Tahun ini ada dua sekolah yaitu SMPN 58 dan 59 yang masih numpang pasca PPDB Juni tahun lalu,” kata dia, Jumat (8/2/2019).

Untuk itu, tahun ini Disdik sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan gedung sekolah untuk siswa yang masih numpang tersebut. “Yang ready lahannya itu lah kami kerjakan dulu. Sekarang masih dalam tahap persiapan lelang SMPN 59 Batam yang ada di Sagulung,” ujarnya.

Ia menambahkan tahun ini siswa SMPN 56 Batam yang menumpang di aula kelurahan Tibanlama juga akan menempati gedung baru pasca menumpang selama empat tahun. Selanjutnya siswa SMPN 57 Batam yang saat ini numpang di SDN 004 Sekupang juga akan pindah ke gedung baru.

“Jadi masih ada tiga sekolah lagi yang harus dituntaskan. Tahun ini dibangun lagi satu bangunan baru dab ditargetkan kelar tahun ini. Jadi masih ada dua sekolah yang belum memiliki gedung satu SD dan satu SMPN,” bebernya.

Ia berharap ke depan seluruh sekolah bisa memiliki gedung sendiri dan tidak ada lagi yang menumpang di sekolah lain. Sebab hal itu mempengaruhi proses belajar dan mengajar di sekolah yang bersangkutan.

“Kami targetnya tentu tak ada lagi yang numpang agar kualitas proses belajar mengajar bisa berjalan baik. Ya kami berharapnya tak ada lagi yang numpang cuman melihat minat le negeri kami tak pernah tahu,” tambahnya.

Update