Foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Harga jual untuk komoditas sembilan bahan pokok (sembako) di beberapa pedagang tradisional di Batam masih terpantau stabil, Kamis (8/2/2029). Beberapa pedagang hanya mengeluhkan masih tingginya harga telur yang dianggap cukup memberatkan masyarakat.

Seperti yang dituturkan Agus Riadi, seorang pedagang sembako di Pasar Fanindo. Diakuinya, untuk harga-harga seperti beras, minyak goreng, gula dan sembako yang lain saat ini masih terbilang normal.

Loading...

“Kalau minyak goreng curah itu per kilo gram (Kg) Rp 10.000, gula Rp11.000 kg, trus untuk beras medium Rp 11 ribu per kg,” imbuhnya.

Namun begitu untuk harga telur dirasa masih tinggi yakni Rp 47 ribu per papan atau 30 butir. Masih tingginya harga telur ini, kata Agus berimbas pada tingkat konsumsi masyarakat. Biasanya setiap hari ia bisa menjual 15 sampai 20 papan. Saat ini hanya bisa 10 papan saja.

“Karena tinggi, kebanyakan beli per butir,” tuturnya.

Pedagang lainnya, Astrid juga membenarkan jika harga komoditas telur masih tinggi. Padahal bila melihat dari tingkat kebutuhan masyarakat, telur ayam ras ini salah satu yang paling banyak dicari.

“Kalau normalnya Rp 40 ribu per papan,” katanya.

Sementara itu berdasarkan hasil survey Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperinda) Kota Batam menyebutkan harga komoditas terpantau stabil. Hanya saja untuk telur ayam ras masih dijual Rp 44 ribu- Rp 48 ribu per papan. Survey dilakukan di empat pasar berbeda.

“Adapun empat pasar yang disurvey hari ini, Jumat (8/2) adalah Mega Legenda, Angkasa Bengkong, Cipta Puri dan Pasar Batu Merah,” kata Kabid Perdagangan Disperindag Batam Adisthy.

Di Pasar Batu Merah misalnya satu papan telur dijual dengan harga Rp 48 ribu. Sedangkan di pasar lainnya seperti Cipta Puri Rp 44 ribu per papan dan Rp 43 ribu di pasar Mega Legenda, Angkasa Bengkong. Untuk stok telur ayam sendiri, diakuinya masih aman dan mencukupi.

“Selain dari Barelang, kita juga datangkan dari Medan,” katanya.

Selain telur, komoditas lainnya terpantau stabil seperti beras medium Rp 11 ribu per kg dan Rp 13 ribu untuk jenis premium. Cabai merah keriting dihargai Rp 28 ribu sampai Rp 34 ribu perkilogramnya. Sementara untuk bayam dan kangkung berkisar Rp 5-Rp 8 ribu per kg.

Komoditas lainnya ialah daging sapi lokal Rp 130 ribu per kilogram. Sementara untuk daging sapi impor Rp 80 ribu sampai Rp 85 ribu per kg. Sedangkan untuk daging ayam ras dijual seharga Rp33 ribu per kg.

“Survey harga kita lakukan rutin setiap pekan,” jelasnya.

Loading...