batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mulai mengerjakan pelipatan kotak suara yang akan menampung kertas suara 17 April mendatang. Sebanyak 14.342 kotak suara saat ini masih berada di gudang logistik milik KPU di Sekupang.

“Minggu depan kami sudah mulai tahap mempersiapkan logistik pendukung pemilu. Kotak suara akan mulai dilipat,” kata Ketua KPU Batam Syahrul Huda, Jumat (8/2/2019)

Ia menyebutkan pelipatan kotak suara ini nanti akan melibatkan tenaga pembantu yang akan direkrut oleh KPU. Untuk jumlah tenaga yang dibutuhkan dia mengaku masih menghitung dan mendatang sesuai dengan jumlah kotak suara.

“Nanti ada tukang lipatnya. Semua dipantau karena ini logistik penting,” imbuhnya.

Kotak berbahan kardus berukuran 40x40x60 centimeter ini akan didistribusikan jelang pemilihan dimulai. Ia menyebutkan satu tempat pemungutan suara (TPS) akan ditempatkan lima kotak suara. Jumlah ini sesuai dengan kertas suara di masing-masing pemilihan.

“Kan ada DPD, DPRD, DPRD Provinsi, DPR-RI dan dua calon presiden tentunya. Jadi nanti masing-masing ada kotak suaranya,” sebut Syahrul.

Lanjutnya, saat ini KPU juga masih menunggu kedatangan kertas suara yang akan digunakan untuk pemilihan. Selain total yang diajukan. KPU juga mendapatkan seribu kertas suara cadangan. Nanti jika terjadi kecurangan kertas cadangan ini baru digunakan.

“Karena waktu pemilihan semakin dekat. Jadi seluruh KPU tengah sibuk. Dalam waktu dekat ini kertas suara juga akan tiba,” ucapnya.

Sementara itu jumlah dafar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP2) jumlah pemilih Batam berjumlah 628 ribu lebih. Jumlah ini masih akan terus bertambah karena masih ada pemutakhiran Daftar Pemilih Khusus dan tambahan hingga Maret. (yui)

Loading...