batampos.co.id – Pemasangan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) seperti poster dan baliho calon legislatif (caleg) merusak estetika kota. Bahkan, beberapa diantaranya merusak taman.

Seperti yang terlihat di bundaran samping kawasan litech Bengkong. Puluhan poster hingga baliho para caleg tersebar dimana-mana. Mulai di bundaran taman, dinding pembatas hingga perpohonan. Mirisnya, poster dan baliho itu milik calon wakil raykat mulai kota, propinsi hingga pusat.

Arka warga Bengkong kesal melihat pemasangan APK yang sembarangan dan mengganggu penglihatan. Kondisi taman yang awalnya terlihat bersih, sekarang malah kotor.

“Pasangnya asal-asal saja, ada yang nancap ke taman, pohon dan dinding pembatas. Bahkan hampir sekeliling taman itu penuh dengan poster para caleg,” terang Arka.

Menurut dia, harusnya para caleg atau tim sukses (timses) caleg bisa lebih memperhatikan letak poster dan baliho. Jangan sampai merusak yang sudah ada.

“Bagaimana mau mewakili rakyat, kalau pajang poster aja sembarangan,” kesalnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza Irwansyah Rezeki tak menampik hal itu. Menurutnya, banyak caleg yang tidak mengikuti aturan pemasangan APK.

“Memang banyak, minggu depan akan kami tertibkan di setiap Kecamatan. Minggu ini, beberapa anggota Bawaslu sedang tugas luar kota,” jelas Reza.

Menurut dia, tak hanya di pinggir-pinggir jalan, penertiban juga akan dilakukan di angkutan umum. Banyak poster para caleg yang dipasang diangkutan umum dan hal itu melanggar.

“Akan kami tertibkan semua. Pemasangan itu hanya sesaat saat kegiatan kampanye, tak bisa lama-lama seperti itu, apalagi di fasilitas umum,” pungkas Reza. (she)

Loading...