ilustrasi

batampos.co.id – Harga telur saat ini terus mengalami kenaikkan di sejumlah pasar tradisional Kota Batam. Beberapa pedagang mengeluhkan masih tingginya harga telur yang dianggap cukup memberatkan masyarakat, Sabtu (9/2/2019).

Pantauan di Pasar Aviari,Batuaji. Harga telur mencapai Rp 45 ribu sampai Rp 47 ribu perpapan, normalnya harga telur yakni Rp 40 ribu. Tingkat konsumsi masyarakat menjadi menurun. “Biasanya sehari bisa terjual 18 sampai 20 papan, namun kini hanya 15 papan saja. Kebanyakan beli per 10 butir,” ujar Tomi, Pedagang Sembako.

Kenaikkan ini menurutnya, sudah terjadi seminggu terakhir. Harga tidak stabil dari agen dan pengirim yang berasal dari lokal, alhasil ia pun harus menjual dengan harga tinggi.

“Sudah dari agen menaruh harga tinggi, jadinya harus menyesuaikan,” katanya

Pasar Sagulung misalnya satu papan telur dijual dengan harga Rp 45 ribu. Sedangkan di pasar Fanindo Rp 44 ribu per papan dan Rp 43 ribu Untuk stok telur ayam sendiri, pedagang mengakui masih aman dan mencukupi.

Sementara itu di pasar Tiban Center , harga telur per papan Rp 46 ribu, dan harga daging sapi lokal Rp 135 ribu per kilogram. Sementara untuk daging sapi impor Rp 85 ribu sampai Rp 90 ribu per kg. Sedangkan untuk daging ayam ras dijual seharga Rp 33 ribu per kg

” Untuk daging sapi dan ayam harga masih normal, selama persediaan masih cukup,” ujar Adi pedagang . (cr1)