.
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Naiknya biaya kargo diharapkan tidak berimbas pada penyedia jasa pengiriman yang ada di Batam. Selama ini usaha daring/online cukup berkembang pesat dan membantu mereka pelaku usaha.

Pelaku usaha online, Desfa Maharani mengatakan hal yang paling dikhawatirkan saat ini adalah kenaikan ongkos kirim ke luar Batam. Pembeli harus bayar lebih mahal untuk jasa pengiriman barang yang mereka pesan.

“Dan ini pasti kami sangat khawatir. Nanti mereka tidak jadi pesan karena ongkir yang mahal,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, kenaikan tarif Desember lalu dirasa sudah cukup memberatkan pelangganya. Pemesanan saat ini jauh menurutnya bila dibandingkan tahun lalu.

“Sebagai orang yang jualan online kami berharap tarif jasa pengiriman tidak naik lagi,” ujarnya.

Menurutnya semakin ke sini, bisnis online semakin diambang kemundururan. Berbagai masalah tengah dihadapi pelaku usaha. Mulai dari waktu pengiriman barang terkendala dengan sistem hingga kenaikan tarif jasa pengiriman.

“Untung yang kami dapat tipis. Jadi kalau terus begini usaha bukannya maju malah mundur. Kalau digrup WA sesama penjual online sudah cukup khawatir saat ini,” beber Desfa.

Soal pengiriman barang, lanjutnya, saat ini lebih banyak dilakukan sesuai dengan permintaan konsumen. Mereka mencari ongkir yang paling murah dari semua jasa pengiriman.

“Sekarang saya banyak kirim lewat lionparcel tapi daerah yang agak jauh pakai POS,” imbuhnya. (yui)