foto: batampos.co.id / peri irawan

batampos.co.id – Puncak arus balik libur Imlek di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) terjadi pada Minggu (10/2/2019). Pada hari itu sekitar 6.000 lebih orang kembali ke Batam lewat pelabuhan tersebut.

Kepala Bidang Angkutan Laut DPC INSA Batam Asmadi mengatakan, arus balik di PDS mulai padat sejak Sabtu (9/2). Namun, puncak kepadatan terlihat pada Minggu karena merupakan hari terakhir libur Imlek.



“Diperkirakan hari ini (kemarin) hingga pukul 18.00, sekitar 20 kapal akan datang secara bergantian,” kata Asmadi, Minggu (10/2).

Asmadi menjelaskan, untuk kapal dari Selatpanjang, Meranti, biasanya hanya dipersiapkan sebanyak tiga kapal. Namun, pada Minggu kemarin disediakan tujuh kapal untuk membawa penumpang.

“Karena penumpang terbanyak itu dari Selatpanjang,” ujarnya.

Pada Sabtu lalu, kepadatan juga mulai terlihat karena saat itu ada sekitar 4.000 orang yang datang ke Batam dari berbagai daerah, seperti Tanjungbatu, Guntung Tembilahan, Selatpanjang dan sebagainya.

“Kemarin (Sabtu) sudah mulai padat, seperti kapal yang datang dari Tanjungbatu hampir semuanya penuh,” ucapnya.

Ia mengatakan, arus balik akan berlangsung hingga Senin hari ini. Namun, untuk jumlah penumpang belum bisa diperkirakan karena untuk menghitung penumpang dimulai dari sore hingga pagi harinya. “Setelah itu barulah bisa dihitung berapa perkiraan penumpang yang akan berangkat,” sebutnya.

Namun, ia menyebutkan masih ada kemungkinan arus balik tetap ramai. Itu karena, selama dua hari terakhir jumlah pemudik yang balik ke Batam diperkirakan baru sekitar 10 ribu orang. Sementara pada puncak arus mudik, penumpang mencapai 13 ribu orang.

“Berarti kan ada sekitar 3.000 orang lagi yang akan menyusul,” katanya.

Asmadi mengatakan, pada momen H+1 atau H+2 Imlek, memang ada peningkatan jumlah orang yang datang ke Batam lewat pelabuhan. Namun, menurutnya adalah masyarakat daerah lain yang memanfaatkan liburan Imlek di Batam, dan biasanya kembali pada hari itu juga atau esok harinya. Karena itu, arus balik memang terjadi pada tiga hari terakhir jelang berakhirnya libur Imlek.

“Arus balik hanya tiga hari saja, Sabtu, Minggu dan besok (hari ini) Senin,” tuturnya.(cr2)

Loading...