Sejumlah anak ditemani orangtuannya tengah asyik membaca buku gratis yang disediakan Yayasan Gelora Madani Batam di Dataran Engku Putri Batam, Minggu (10/2). (Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.co.id – Puluhan anak berkumpul di lapak baca buku di Dataran Engku Putri, Batam Center, yang digelar Yayasan Gelora Madani Batam, Minggu (10/2). Di lapak tersebut, terdapat ratusan buku untuk anak dan dewasa yang dapat dibaca secara gratis. Selain buku, Yayasan Gelora Madani Batam juga menyediakan game internet sehat.

Kiara, 5, antuasias membolak balik beberapa buku yang diambil dari lapak tersebut. Dia pun terlihat mengeja bebera-pa kata, meski pada akhirnya lebih tertarik melihat gambar. ”Senang gambarnya,” ucapnya yang saat itu masih fokus melihat buku dengan beragam gambar hewan.

Rini, orangtua Kiara, mengaku senang dengan respons anaknya ketika melihat buku. Menurut dia, saat ini untuk mengajarkan anak suka dengan buku cukup susah. Anak-anaknya lebih tertarik dengan gawai elektronik. ”Pas lihat ada anak-anak ramai ke sini, dia ikut ke sini. Dan alhamdulillah, dia terlihat senang dengan buku,” ujar ibu dua anak ini.

Sementara, Ketua Yayasan Gelora Madani Batam, Fendi Hidayat, senang melihat res-pons dan antuasias masyarakat, khususnya anak-anak dengan lapak baca buku gratis tersebut. Padahal, lapak tersebut baru pertama kali digelar, dengan menyediakan ratusan buku cerita anak dan dewasa.

”Ini baru pertama kali dan ternyata respons anak-anak untuk datang ke lapak baca buku gratis luar biasa. Untuk kali pertama ini kami sediakan lebih dari 200 buku anak dan juga untuk pembaca dewasa,” ujar Fendi.

Selain buku, pihaknya juga menyediakan game internet sehat berwujud ular tangga. Setiap kotak ular tangga terdapat kata-kata edukatif tentang tata cara memakai internet. Permainan itu dapat dimainkan anak usia di bawah 11 tahun.

”Anak-anak bisa main sambil jalan dari kotak satu ke kotak lainnya, seperti permainan ular tangga. Kata-kata di setiap kotak itu cukup mengedukasi anak-anak untuk bisa bermain internet sehat,” jelas Fendi.

Menurut dia, tujuan kegiatan tersebut lebih memberi literasi minat baca anak dan internet sehat. Bahkan ke depannya, Yayasan Gelora Madani Batam ingin menyediakan layanan pendidikan anak, seperti pelatihan gratis. Pihaknya juga membuka donasi buku dari masyarakat.

”Kalau bisa, sekolah gratis untuk anak. Mudah-mudahan istiqomah,” tutur Fendi. (yashinta)

Loading...