batampos.co.id – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Batam me-ngusulkan pembangunan gedung Pusat Terpadu Satu Pintu (PTSP) khusus pelayanan haji dan umrah.
Kepala Kankemenag Batam Erizal Abdullah mengatakan pihaknya telah mengusulkan ke pusat untuk pembangunan gedung PTSP Haji dan Umrah, dengan anggaran dana lebih Rp 2 miliar.

“Tujuannya agar lebih terfokus dalam pengurusan haji dan umrah ke depannya, jadi pelayanannya khusus dan terpusat,” ujar Erizal, kemarin.

Ia juga menjelaskan, pembuatan gedung PTSP untuk haji dan umrah tersebut bertujuan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

“Untuk lokasi rencana akan kita bangun tepat di lapangan parkir sepeda motor Kankemenag sekarang, sebelah kanan gedung ini,” paparnya.

Erizal mengatakan, selain pelayanan terpadu haji dan umrah, di gedung baru nantinya juga akan digunakan untuk manasik yang dapat menampung 500 orang, dan juga akan disediakan konter bank untuk urusan pembayaran haji.

“Jadi, masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk membuka rekening haji, cukup di satu tempat saja semuanya,” katanya.

Rencananya pembangunannya akan dilaksanakan pada 2020. Namun, jika bisa lebih cepat maka akan lebih baik karena sudah diusulkan dari 2018. Beberapa waktu lalu, juga sudah dilengkapi kekurangan persyaratannya.

“Jadi kita tinggal menunggu saja hasilnya, ketika sudah oke, maka segera dikerjakan,” tuturnya.(cr2)