foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Alun-alun Engku Putri menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat Batam maupun wisatawan. Namun sayang, fasilitas yang tersedia kini tak lagi memadai. Diantaranya mulai usang dan terabaikan.

Seperti fasilitas taman internet yang semulanya dilengkapi meja, bangku, dan tentunya jaringan internet. Tapi kini fasilitas tersebut mulai hancur bahkan ada yang hilang.

“Hanya tinggal nama (taman internet). Tapi jaringan internetnya sudah tidak ada, tatakan bangkunya juga ada yang hilang, besi-besi penyangga sudah mulai keropos,” kata salah satu pengunjung Alun-Alun Engku Putri, Suseno, Sabtu (9/2/2019).

Fasilitas lainnya berupa taman bermain, tampak sangat tidak terurus. Hampir semua alat permainan rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. “Alun-alun di sini kenapa bisa kurang diperhatikan ya. Padahal lokasinya bersebelahan dengan Kantor Pemerintahnya bahkan Dewan juga,” tutur warga asal Surabaya yang sedang berkunjung ke Batam, Trie Riski Utami.

Belum lagi masalah kendaraan yang dapat terparkir bebas di dalam area alun-alun. “Seperti beralih fungsi. Area pedestrian jadi parkiran. Kalau begini, apa fungsinya pagar pembatas yang mengelilingi,” ungkap ibu satu anak itu.

Menurutnya, pemerintah setempat perlu aktif melakukan pembenahan di tempat-tempat umum, khususnya yang bakal dikunjungi wisatawan.

“Perlu renovasi,” ucapnya singkat.

Hal itu senada diutarakan para pelajar yang tergabung di komunitas fotografi.

“Kami biasa hunting foto di sini (alun-alun). tapi pemandanga sekarang sudah tidak sebagus dulu, apalagi banyak kendaraan yang terparkir di dalam area alun-alun,” ungkap Lisa, yang datang bersama Nike, Santi, Tirta, dan Agung. (nji)