foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Secara bertahap, jumlah penumpang di Bandara Hang Nadim mulai mengalami peningkatan sejak harga tiket dan bagasi mengalami kenaikan drastis.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso menyebut angka penumpang meningkat sekitar kurang lebih 10 persen dibandingkan dengan akhir Januari lalu.

“Lumayan ada peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, dimana sebelumnya, diketahui sebanyak 5.600 penumpang dan kini menjadi 6.000 penumpang. ” kata Suwarso, Sabtu (9/2)

Peningkatan ini, tambahnya, disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain sudah adanya penurunan harga tiket yang sebelumnya diberlakukan oleh maskapai dan dikeluhkan oleh calon penumpang.

Sebelumnya, harga tiket tujuan Jakarta dari Batam yang sebelumnya diatas Rp 1.800.000 kini sudah berada di angka Rp 1.500.000.

“Salah satu faktor melonjak penumpang tadi, mungkin saja disebabkan harga tiket yang sudah mulai turun. Banyaknya aktivitas di akhir pekan terakhirnya yang menyebabkan banyak yang bepergian,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, kondisi bagasi berbayar yang sebelumnya dikeluhkan sudah tidak berpengaruh lagi bagi calon penumpang untuk bepergian dengan pesawat.

Meskipun begitu, kenaikan tiket pesawat masih di angka yang memberatkan. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan pelaku pariwisata sudah sangat keberatan dengan mahalnya tiket pesawat di penerbangan domestik. Turis harus mengeluarkan uang lebih banyak saat berwisata di Indonesia. Sehingga banyak yang membatalkan kunjungannya.

“Meskipun ini kebijakan secara nasional, kami keberatan. Saya kira Menteri perhubungan harus bisa selesaikan ini. Pemerintah harus segera bertindak,” ungkapnya.