Ketua Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Batam Johanes Kennedy mendorong jalan menuju objek wisata harus terang benderang. Terutama akses menuju daerah wisata di Rempang-Galang. Dengan penerangan yang baik, maka wisatawan akan tetap nyaman meski harus jalan-jalan di malam hari.

“Kalau sekarang ini, wisatawan yang mau ke Jembatan VI tidak nyaman karena gelap saat malam hari. Jadi kami mendorong pemerintah membuat penerangan di sepanjang jalan di sana,” kata Johanes Kennedy, Senin (11/2/2019).

Johanes mengatakan, saat ini lampu jalan menuju Galang hanya ada di beberapa titik saja. Padahal banyak wisatawan yang suka berjalan-jalan untuk menikmati suasana malam di Galang dan Rempang.

“Paling tidak wisatawan yang hendak pulang dari daerah Galang bisa aman dan nyaman,” tambahnya.

Demikian halnya di sejumlah pantai dan objek wisata di Batam, semuanya harus menyiapkan penerangan yang memadai. Dengan demikian, para wisatawan akan betah dan bisa berlama-lama di sebuah objek wisata.

“Intinya tugas kita semua menciptakan Batam tetap aman bagi wisatawan. Sehingga kalau ada wisatawan yang sudah pernah ke Batam, maka akan rindu dan akan kembali lagi ke Batam,” katanya.

Sebelumnya, Johanes Kennedy mengatakan forum TSP bekerja sama dengan pemerintah akan membangun rest area di sekitar Jembatan Barelang, mulai dari jembatan II hingga jembatan IV.

Selain itu,TSP juga akan membangun dan menata taman yang ada di Batam. Taman ini ada yang dibangun di pusat kota. Yang terbaru, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Batam sudah membangun sebuah taman di dekat perempatan perumahan Rosedale Batam Center.

“Kami berharap semua perusahaan untuk ikut bergabung. Sudah tugas kita bersama untuk memajukan pariwisata Batam ini,” katanya. (ian)