Sabtu, 20 April 2024

KPU Batam Terima 4.997 Kotak Surat Suara

Berita Terkait

Surat suara tiba di kantor KPUD Batam.
foto:batampos.co.id / yulitavia

batampos.co.id – Sebanyak 3.326.473 surat suara tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Rabu (13/2). Surat suara dikemas dalam 4.997 kotak kardus.

Ketua KPU Batam, Syahrul Huda mengatakan surat suara diangkut dari Pelabuhan Batuampar menggunakan empat truk kontainer. Selanjutnya surat suara akan dicek dan disimpan di empat kontainer yang telah disediakan KPU.

“Sementara ini kami simpan di kontainer di halaman KPU, sebab kalau digudang ditakutkan ada kebocoran jadi merusak kotak suara jika hujan,” sebutnya.

Ada lima jenis kertas suara yang diterima KPU yaitu, surat suara untuk pemilihan calon presiden, DPR-RI, DPR Provinsi, DPRD, DPD dan 1.342 surat suara pemilu ulang.

Untuk pengamanan dan pengawasan surat suara, KPU juga memasang dua titik Closed Circuit Television (CCTv) untuk membantu pengamanan surat suara.

“Nanti menyorot langsung pintu kontainer. Jadi kalau terjadi sesuatu kita bisa cek. Ada juga dari pihak kepolisian,” lanjutnya.

Syahrul menambahkan selanjutnya suara suara akan dilipat sebelum didisdtribusikan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Untuk pelipatan nanti dulu. Yang jelas kami cek dulu kesesuaian data logistik dengan manifest yang diterima dari jasa ekpedisi,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batam, Nopialdi mengatakan surat suara yang tiba harus dicek terlebih dahulu. Pengecekan meliputi jumlah dan kondisi surat suara.

“Selain surat suara yang sesuai DPTplus tambahan dua persen, ada juga surat suara untuk pemilihan ulang, jika terjadi konflik atau kecurangan saat pemilihan berlangsung. Kalau ada yang rusak atau tidak sesuai akan kami buat berita acaranya,” jelas Aldi.

Sebagai logistik utama, pengamanan surat suara memerlukan pengawasan yang lebih ketat. “CCTv sudah dipasang juga. Jangan ada yang hilang. Nanti dari Bawaslu nanti juga akan terus memantau hingga pendistribusian,” bebernya.

Sebelumnya, logistik lain seperti kotak suara, stempel, tinta hingga segel juga sudah berada di gudang penyimpanan KPU. Untuk mengamankan logistik, gudang dijaga oleh pihak kepolisian dan dipasangi CCTv. Berdasarkan data KPU Batam total DPTHP-2 mencapai 650. 876 ribu. Jumlah ini kemungkinan bertambah karena perhitungan data pemilih masih berlangsung hingga Maret mendatang. (yui)

Update