Kamis, 28 Maret 2024

Terkumpul 76 Kantong Darah

Donor Darah PWI

Berita Terkait

Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim mendampingi Wakil Gubernur Kepri Isdianto yang memeriksakan kesehatannya di acara donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar PWI Kepri di Mall Botania 2, Kamis (14/2). ( Dokumentasi Humas Pemprov Kepri)

batampos.co.id – Kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri berlangsung sukses di Mall Botania 2 (MB2) Batam Kota, Kamis (14/2). Para peserta tampak antusias mengantre untuk mendonorkan darahnya.

Sejak pendaftaran dibuka pukul 10.00 WIB hingga tengah hari, tercatat 120 orang yang mendaftar sebagai pendonor. Namun, setelah melewati pemeriksaan tim medis dari PMI Kota Batam, hanya 76 kantong darah yang dapat terkumpul.

”Walaupun belum mencapai target (100 kantong), tapi kami sangat mengapresiasi semangat para peserta yang ingin membantu sesama melalui donor darah ini,” kata Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim, kemarin.

Selain donor darah, gelaran pemeriksaan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Batam melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Botania, turut mendapat respons positif. Tak sedikit peserta yang mengaku beruntung karena dapat mengetahui tensi darah, kadar gula darah, hingga konsultasi kesehatan. Menariknya, dalam pemeriksaan itu juga dilakukan deteksi dini (skrining) terhadap faktor risiko penyakit tidak menular.

”Dalam dua kegiatan yang berjalan sekaligus ini, diikuti sejumlah peserta dari personel TNI, Polri, Satpol PP, masyarakat umum, serta para pengurus dan anggota PWI, Mapilu dan IKWI Kepri,” sebut Candra.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang diperingati di Surabaya 9 Februari lalu, aksi donor darah dan peme-riksaan kesehatan gratis bertajuk PWI Kepri Peduli itu secara resmi dibuka Wakil Gubernur Kepri Isdianto.

”Diharapkan kegiatan serupa kian sering digelar khususnya di lingkungan masyarakat Kepri, karena peduli terhadap sesama adalah tugas kita bersama sebagai makhluk sosial,” tuturnya.

Isdianto juga mengimbau masyarakat mengambil informasi yang akurat dari media-media yang terpercaya.
”Bahwa media pemberitaan yang tergabung di PWI Kepri ini adalah media yang bisa diandalkan dalam memberikan informasi bagi masyarakat. Mari sama-sama kita dukung pergerakannya,” ungkap pria 57 tahun itu.

Tidak lupa, PWI Kepri me-ngucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan PWI Kepri Peduli. Di antaranya, kepada Pemprov Kepri, Pemko Batam, BP Batam, PMI Batam, MB2, anggota Komisi II DPRD Batam Hendra Asman, dan tokoh pemuda Batam Putra Respati. (febby anggieta)

Update