Selasa, 16 April 2024

Fogging Harus Sesuai Standar

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kota Batam mengimbau warga yang ingin melakukan pengasapan melakukan prosedur yang benar. Tidak saja mengenai adanya temuan penderita tetapi jenis obat yang diberikan harus sesuai standar.

“Obatnya khusus. Dan harus aman bagi lingkungaan sekitar agar tidak menimbulkan dampak bagi warga yang terkena asap fogging,” kata Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi,” Jumat (15/2/2019)

Ia menyebutkan sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan jenis obat yang digunakan untuk pengasapan adalah Zeta Sipermetrin. Obat ini aman bagi manusia karena terbuat dari tanaman Chrysanthemum.

“Dosisnya harus pas. Kalau obatnya sesuai dengan anjuran tak apa mereka melakukan fogging. Jangan asal fogging itu yang berbahaya,” ujarnya.

Menurutnya ada beberapa dampak negatif kalau fogging tak sesuai dengan prosedur seperti dampak lingkungan yang ditimbulkan dari asap fogging yang obatnya tak sesuai dengan ketentuan.

“Ya kalau asal fogging nyamuknya malah kebal. Penggunaan obat kalau tak sesuai nanti warga batuk karena menghirup asap fogging tersebut,” jelas Didi.

Untuk itu, jika warga merasakan dampak pasca adanya tindakan fogging bisa langsung mendatangi ruang perawatan. “Tapi kalau obatnya sesuai saya rasa aman dan tak ada masalah. Makanya kami minta kalau ada yang mau fogging mohon berkoordinasi dengan dinkes. Biar bersinergi dan fogging berjalan sesuai prosedur,” imbuhnya.

Menurut Didi, jika semua berkoordinasi akan lebih baik. Pihaknya tidak bisa melarang orang melakukan fogging, sebab belum ada payung hukumnya. “Kalau ada yang mau bantu fogging tak apa, asalkan sesuai dengan yang kami jalankan. Ada tahapan tentunya mulai dari temuan korban, Penyelidikan epidemiologi (PE) hingga pengasapan,” bebernya.

Dinkes sangat terbuka jika ada yang ingin membantu memberantas sarang nyamuk. Untuk itu mari bersama-sama berkoordinasi. Kalau dibutuhkan dinkes akan membantu memberikan informasi kadar obat dan cara fogging yang benar.

“Kalau ada yang bantu tentu kami sangat senang. Sebab angka DBD juga cukup tinggi akhir-akhir ini,” tutupnya. (yui)

Update