Kamis, 25 April 2024

Jalan Rusak karena IPAL Segera Diperbaiki oleh BP Batam

Berita Terkait

Jalan rusak terlihat di sebagian jalan Fisabililah Batamcenter, Selasa (12/2).Jalan rusak tersebut bekas pemasang pipa yang belum dilakukan pengaspalan baru dicor. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) segera memperbaiki jalan yang rusak karena proses penanaman pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Batam. Hal itu sekaligus merespons keluhan dari masyarakat.

Kepala Bidang Pengelolaan Limbah BP Batam Iyus Rusmana mengatakan hal tersebut terjadi karena subkontraktor baru akan mengaspal bekas penanaman pipa tersebut, pekan depan.

“Semua penggalian setelah ditimbun dan dipadatkan terus dicor. Kemudian baru diaspal. Cuma menurut subkontraktor, jadwal pengaspalan baru bisa pekan depan karena harus order aspal sekaligus dalam volume besar,” ujarnya, Kamis (14/2/2019).

Tetapi, ia sudah meminta agar pengaspalan dilakukan segera agar tidak membuat masyarakat Batam resah.

“Saya sudah minta mereka harus diaspal hari ini atau besok. Jangan dibiarkan berlama-lama apalagi itu fasilitas umum,” ungkapnya.

Iyus mengakui, ada sejumlah kendala dalam menyelesaikan proyek IPAL Bengkong ini.

“Karena ada kendala yang sulit diantisipasi seperti musim hujan, material aspal, subkon yang kurang profesional dan lain-lain,” sebutnya.

Sedangkan pemasangan pipa, progresnya tetap berjalan.

“Sementara pemasangan pipa sudah 70,8 kilometer dari target 114,3 kilometer. Sedangkan untuk pekerjaan IPAL yang terdiri dari pembangunan stasiun pompa, pemasangan pipa, dan sambungan rumah sampai Januari sudah mencapai 34,03 persen,” ungkapnya. (leo)

Update