Jumat, 29 Maret 2024

Memandang Kota dari Kubah Masjid

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) terus menggesa pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang berada di Tanjunguncang, Batuaji. Sesuai kontrak masjid ini akan selesai dikerjakan November mendatang.

Kepala DCKTR Batam Suhar mengatakan, saat ini pengerjaan sudah masuk penyelesaian menara setinggi 99 meter. Dari ketinggian ini, warga bisa menikmati keindahan kota dari atas masjid.

“Sudah 65 persen kalau secara keseluruhan. Menara juga sudah terlihat,” kata dia, Sabtu (16/2).

Selain penyelesaian menara, pengerjaan payung-payung yang ada di halaman masjid juga sudah terpasang. Saat ini sudah ada delapan unit payung yang terpasang. “Ini seperti masjid di Semarang. Jadi nanti saat digunakan payungnya bisa terbuka,” jelasnya.
Cuaca yang bagus belakangan ini membuat pengerjaan berjalan dengan baik dan cepat. Meskipun ditargetkan November, masjid bisa selesai lebih cepat.

“Mungkin Agustus sudah selesai. Rencananya nanti kalau memungkinkan Pak Wali mau salat Idul Fitri di sana,” ucapnya.

Masjid yang memiliki daya tampung hingga 20 ribu jemaah ini nantinya juga akan dilengkapi berbagai fasilitas untuk mendukung wisata religi.

“Semua sudah dipersiapkan. Masjid kedua Batam ini memang dirancang untuk tujuan religi, pertemuan dan lainnya,” bebernya.

Masjid yang dikerjakan bertahap ini, memasuki tahun anggaran ketiga. Pemko Batam menyiapkan anggaran hampir tiga ratus miliar untuk merampungkan pengerjaan masjid. (yui)

Update