Siswa sekolah SMA di Batam mendapatkan informasi seputar Beasiswa eksternal ATB.

Tidak banyak perusahaan menyediakan program beasiswa prestasi di Batam. ATB salah satunya yang cukup concern dan berkontribusi mencerdaskan putra daerah melalui pemberian beasiswa prestasi.

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ATB dibidang pendidikan, ATB memberikan beasiswa eksternal secara berkelanjutan. Beasiswa diberikan dua kali periode dalam satu tahun yakni sementer ganjil dan genap.

Loading...

“ATB ikut peduli terhadap dunia pendidikan di Batam, melalui kegiatan CSR kita memberikan beasiswa eksternal kepada siswa dan mahasiswa berprestasi setiap tahunnya,” ucap Maria Jacobus, Corporate Secretary ATB, Senin (18/2/2019).

Pembagian beasiswa prestasi ATB setiap semesternya diberikan kepada 34 orang penerima beasiswa. Pembagiannya dikelompokkan pada 24 penerima beasiswa kategori pelajar dan 10 penerima dari kategori mahasiswa.

Kepedulian ATB di dunia pendidikan ditunjukkan dengan mempersiapkan ratusan juta rupiah. Jumlah beasiswa yang disiapkan ATB untuk tingkat SMA/SMK sebesar Rp 2,5 juta per siswa per semester, sedangkan tingkat Perguruan tinggi sebesar Rp 4 juta per mahasiswa per semester.

“Program CSR ATB di bidang pendidikan ini bisa dirasakan langsung oleh siswa dan mahasiswa yang memiliki prestasi. Jangan lupa lengkapi syarat yang di butuhkan karena waktu pendaftaran dimulai 13 Februari hingga 13 Maret 2019,” ajak Maria.

Tidak hanya itu, pengurusan beasiswa tahun 2019 ini mekanismenya sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Calon penerima beasiswa juga harus mempersiapkan video pendek seputar beasiswa ATB yang dibuat dengan lebih kreatif. Video tersebut nantinya di share di media sosial pribadi dan tak lupa mention dan tag ke 5 orang teman.

Berikut persyaratan lengkap program beasiswa ATB Peduli Pendidikan :

A. KATEGORI SMA/SMK

  1. Pelajar SMA/Kejuruan yang berstatus negeri ataupun swasta (minimum akreditasi B) dan berlokasi di Pulau Batam.
  2. Siswa berprestasi sebagai juara umum di kelas X dan XI pada Semester Ganjil tahun ajaran 2018/2019 (disertai surat keterangan dari pihak sekolah)
  3. Siswa aktif dan tidak sedang terkena sanksi akademik.
  4. Siswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa dari sumber lain

B. KATEGORI PERGURUAN TINGGI

  1. Perguruan Tinggi program Diploma 3 (D3) atau Strata 1 (S1) yang berstatus negeri maupun swasta (Program studi minimum akreditasi B) dan berlokasi di Pulau Batam.
  2. Memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal 3,75 pada Semester ganjil 1, 3, 5, 7 dan disertai surat keterangan dari pihak perguruan tinggi.
  3. KHS yang disertai yaitu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 (legalisir stempel basah).
  4. Mahasiswa aktif dan tidak sedang terkena sanksi akademik.
  5. Mahasiswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa dari sumber lain.

C. PENERIMA DAN PENOLAKAN BEASISWA

  1. Proses seleksi awal akan dilakukan secara administratif dan dilanjutkan sesi wawancara bagi yang lolos tahap selanjutnya
  2. Keputusan persetujuan dan penolakan permohonan beasiswa menjadi hak PT Adhya Tirta Batam dan tidak dapat diganggu gugat.
  3. Apabila dikemudian hari dokumen/data yang diserahkan terbukti tidak sesuai dan atau dipalsukan maka program beasiswa dibatalkan dan penerima wajib mengembalikan beasiswa yang telah diterima.
  4. Program beasiswa ini tidak berlaku untuk keluarga karyawan/ti PT Adhya Tirta Batam.
  5. Berkas/data yang sudah diserahkan tidak dapat diambil kembali

D. MEKANISME PENGAJUAN BEASISWA

  1. Surat keterangan siswa (SMA/SMK)/Mahasiswa (PT) mengisi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di www.atbbatam.com
  2. Melampirkan fotocopy akreditasi sekolah /perguruan tinggi (Minimal akreditasi B)
  3. Melampirkan Pas Photo warna 3×4 (1 lembar)
  4. Melampirkan fotocopy kartu pelajar/kartu mahasiswa aktif
  5. Melampirkan fotocopy raport (SMA/SMK) / Kartu Hasil Studi (perguruantinggi) TA 2018/2019 Semester Ganjil dilegalisir (stempel basah)
  6. Melampirkan Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah / Perguruan Tinggi bahwa pemohon beasiswa sebagai siswa prestasi dan tercantum nilai rata-rata semester ganjil TA 2018/2019 atau mahasiswa berprestasi dan tercantum IP Semester ganjil TA 2018/2019 (Perguruan Tinggi)
  7. Melampirkan surat keterangan dari Sekolah / Perguruan Tinggi yang bersangkutan bahwa pemohon beasiswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa dari sumber lain.
  8. Menyertakan video kreatif dalam bentuk softcopy, berdurasi maksimal 1 menit dengan materi :
    – Perkenalan diri
    – Alasan mengapa mengajukan beasiswa ATB
    – Komentar tentang beasiswa ATB
    – Diakhir video wajib mengucapkan “ATB Tak terganti”
    – Pemohon wajib like fanpage facebook ATB Batam dan follow akun instagram atb.batam
    – Pemohon wajib upload video tersebut ke facebook atau instagram pribadi dan sertakan hastag #beasiswaatb #atbtakterganti.
    – Pemohon wajib mention dan tag ke akun instagram atb.batam serta Facebook ATB Batam
    – Pemohon wajib mengupload video yang dapat dilihat public di Facebook (dengan setingan public pada video tersebut)
    – Pemohon wajib untuk tidak memprivate atau mengunci akun instagram
    – Pemohon wajib mention dan tag ke minimal 5 orang teman.

Bagi kamu yang memenuhi persyaratan beasiswa diatas, segera serahkan berkas ke Kantor Pusat ATB Sukajadi Adhya Building tower (Lantai 7 bagian CSR-Corporate Secretary ATB) atau untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Sdr Ronny di 08116910081 – Imelda 08117783573, Selamat mencoba. (*)

 

Loading...