Jumat, 29 Maret 2024

Desa Ini tak Punya Nama Jalan

Berita Terkait

Jika hendak berkunjung ke Hilgermissen dengan mengandalkan GPS, akan kesulitan. (Dokumentasi Minster FM)

batampos.co.id – Desa Hilgermissen tidak ada nama jalan. Nomor rumah pun tidak memiliki urutan yang jelas. Hilgermissen adalah desa yang terletak di utara Jerman dengan jumlah penduduk sekitar 2000 jiwa.

Ratusan rumah di Hilgermissen hanya ditandai dengan angka. Untuk surat-menyurat, penduduk memberikan sebagai alamat pos hanya nomor pada rumah dan nama daerah mereka tinggal.

Tahun lalu, badan permusyawaratan desa setempat meloloskan mosi untuk memperkenalkan nama jalan di Hilgermissen. Pihak yang menganjurkan pengenalan nama jalan antara lain perusahaan pos dan kurir serta turis, yang sering kesulitan menemukan tujuan karena nomor rumah pun tidak berurutan dan lokasinya bisa saling berjauhan.

“Ada beberapa nomor rumah yang terpisah sekitar 3 kilometer,” kata warga dan pendukung rencana nama jalan, Arne Röhrs.

Badan permusyawaratan desa bahkan telah menugaskan tim dari Universitas Osnabrück untuk mempelajari masalah akses desa, demikian menurut situs majalah Jerman Der Spiegel.

Namun warga yang menolak proposal serupa tahun 2013 membuat petisi menentang rencana baru dan mengumpulkan ratusan tanda tangan. Hingga diputuskan untuk mengadakan referendum hari Minggu lalu (3/2).

Hasilnya, 60 persen dari 1.282 orang yang mengambil bagian dalam referendum tidak setuju dengan mosi pemberian nama jalan tersebut. Warga yang turut memberikan suara jumlahnya 69 persen. Hasil referendum mengikat setidaknya untuk dua tahun ke depan.

Meskipun secara resmi hanya memiliki angka, beberapa jalan telah diberi julukan oleh penduduk, termasuk Bäckerweg (jalan tukang roti), nama populer yang digunakan di banyak kota di Jerman. (dyah/JPG)

Update