Sabtu, 20 April 2024

Disnaker Libatkan 30 Lembaga Pelatihan Kerja untuk Latih Pencaker

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam akan segera memulai pelatihan khusus pencari kerja (pencaker) bulan ini. Sedikitnya ada sembilan ratus lebih pencaker yang mendapatkan pelatihan tahun ini.

“Besok (hari ini, red) simbolis pembukaan pelatihan di PIH. Rencana mau dibuka oleh Pak Wali,” kata Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti, Senin (18/2).

Ia mengatakan untuk melatih pencaker ini pihaknya bekerja sama dengan 31 lembaga pelatihan kerja (LPK) sesuai dengan bidang yang disediakan.

“Kan banyak itu ada HRD, ada mesin, garmen. Jadi itu sesuai dengan bidang yang dibuka,” sebutnya.

Pelatihan akan digelar selama satu hingga dua bulan tergantung dari jenis pelatihan yang dipilih. Khusus pencaker jenis pelatihan yang diberikan adalah pelatihan dasar. Nanti diharapkan setelah mendapat pelatihan itu bisa menjadi modal untuk mencari pekerjaan.

“Nanti ada sertifikatnya bisa dilampirkan untuk cari kerja,” ucap Rudi.

Menurutnya, pelatihan tahun ini lebih beragam bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Beberapa jenis pelatihan ini juga memberikan kesempatan untuk berwirausaha seperti tata rias kecantikan, menjahit hingga tata boga.

“Jadi pelatihan ini tidak saja untuk persiapan masuk ke dunia industri. Melainkan juga untuk menjadikan wirausaha,” ucapnya.

Ia menambahkan saat pendaftaran pelatihan pencaker ini sedikitnya dua ribu pendaftar mengajukan lamaran. Namun sesuai kebutuhan yang ada, mereka harus menjalani tes.

“Setelah itu baru dapatlah sembilan ratus lebih ini,” imbuhnya.

Rudi menyebutkan untuk pelatihan ini bersumber dari pemanfaatan dana ijin memperkerjakan tenaga asing (IMTA) tahun 2018 lalu. Selain pencaker lanjutnya, dana tersebut juga dialokasikan untuk peningkatan kemampuan pekerja.

“Ini tahap selanjutnya. Sekarang ini khusus pencaker dulu,” tutupnya. (yui)

Update