Rabu, 24 April 2024

Tarik Wisman, Promosi ke Negeri Jiran

Berita Terkait

Foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Batam terus dikembangkan. Dalam hal ini, baik pemerintah pusat maupun Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus mejaring berbagai upaya agar MICE Batam tetap digandrungi wisatawan.

Salah satunya pusat pembelanjaan diminta mulai berbenah untuk menjemput Great Sale di Desember mendatang. Persiapan dini ini guna memastikan para wisatawan menikmati kedatangannya ke Batam.

“Kami dorong mereka siapkan program diskon, dalam menjaring wisatawan berbelanja di Batam,” kata dia.

Langkah lain yang disiapkan, diakui rencana pertemuan bulan depan dengan pelaku usaha keparawisataan Johor, Malaysia. Setelah itu, baru disasar Singapura yang kedatangan wismannya terbesar ke Batam.

“Sekitar 209 agen untuk promosi MICE. Dinas Parawisata membantu mendorong promosi ke negara tetangga,” sambungnya.

Disbudpar Batam akan menggelar table top ke Johor. Akan dibawa pelaku usaha parawisata dari Batam, sebagai seller atau penjual. “Nanti antar pelaku usaha Johor dan kita, bertemu. Kerjasama ini akan mendorong MICE kita. Kita juga akan mendorong peningkatan daya saing MICE,” imbuh Ardi.

Sebelumnya, Menpar Arief Yahya menyatakan program mereka untuk optimalsasi MICE Indonesia yang potensinya sangat besar. P?ihaknya akan menerapkan konsep Indonesia Incorporated dalam menggarap potensi wisata MICE di Tanah Air. Untuk itu, Menpar berharap semangat Indonesia Incorporated dapat diimplementasikan untuk merebut pasar MICE.

“Kita sering kalah dalam bidding. Hal itu karena biddingnya sendiri-sendiri dan tidak terorganisasi. Kita dorong INACEB kalau mau maju harus menerapkan Indonesia Incorporated,” katanya.

Kemenpar sendiri mendukung anggaran promosi khusus MICE sebesar Rp10 miliar.

“Kalau sendiri-sendiri relatif akan susah dan anggarannya tentu lebih besar,” ujar Arief Yahya. (iza)

Update