batampos.co.id – Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Batam mengajak pemerintah menata ulang destinasi wisata di sekitar Jembatan Barelang, terutama Jembatan I. Sebagai salah satu ikon wisata Kota Batam, sudah selayaknya Jembatan I Barelang terus dikelola dan dikembangkan untuk menggaet kunjungan wisatawan.

Ketua TSP Kota Batam Johanes Kennedy mengatakan, Jembatan I Barelang sudah cukup tersohor di Indonesia. Namun, masih perlu ada sentuhan artistik sehingga jembatan itu semakin menarik untuk dikunjungi turis.

Pria yang akrab disapa Jhon ini mengapresiasi langkah Badan Pengusahaan (BP) Batam yang sudah memasang lampu hias di tiang-tiang penyangga jembatan. Menurut dia, pemerintah bisa melanjutkan dengan menambah daya tarik lainnya di jembatan dengan nama Jembatan Tengku Fisabilillah itu.

“Misalnya memasang lampu hias di tali-tali jembatannya,” kata Jhon.

Selain itu, area di sekitar jembatan juga akan ditata. Kawasan itu akan dikembangkan menjadi pusat jajanan dan kuliner. Kios-kios yang sudah ada di sekitar jembatan akan ditertibkan dan ditata lagi supaya lebih menarik.

“Memang kios-kios yang ada di sekitar jembatan membuat jalan tidak lancar, karena kerap ada kendaraan yang parkir di sana,” tambahnya.

Jhon menambahkan, di pantai Tanjungpenarik atau yang berada di bawah Jembatan I Barelang memang sudah saatnya untuk ditata sehingga nyaman bagi pengunjung yang ingin bersantai. “Jadi bisa menikmati pantai di sana,” katanya.

Selain itu, TSP juga direncanakan akan membangun dua tempat peristrahatan atau rest area sepanjang jembatan satu sampai jembatan enam. Ini ditujukan untuk memanjakan para turis ke daerah Galang yang sering kesulitan saat mencari kamar mandi atau tempat bersantai sebelum sampai ke tempat tujuan.

“Kami ingin destinasi wisata di daerah Galang sana menjadi maju. Makin banyak dikunjungi dan akan berdampak kepada ekonomi masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, pihaknya memang akan menata ulang kawasan wisata di sekitar Jembatan Barelang dan Tanjungpenarik. Lebih dari Rp 1 miliar sudah dianggarkan untuk penataan kawasan wisata tersebut.

“Sudah ada anggaran dari pusat untuk penataan sekitar jembatan tersebut. Pedagang akan kita rapikan,” katanya

Menurut Ardiwinata, Jembatan Barelang sudah menjadi ikon wisata Kota Batam. Setiap wisatawan yang datang ke Batam akan berupaya untuk berkunjung ke sana.

“Jadi, sangat wajar kalau itu terus kita tata. Itulah destinasi wisata yang tidak pernah sepi dari pengunjung,” katanya. (ian)

Loading...