Presiden Direktur ATB Ir Benny Andrianto MM dan jajaran ATB bersama Wakil walikota Banda Aceh saat finalisasi kerjasama penyehatan PDAM.

Sebagai benchmark bagi perusahaan air di Indonesia, ATB mampu membuktikan yang terbaik mengelola air bersih. Sinergi maupun kerjasama siap dilakukan ATB guna membantu sejumlah PDAM di Indonesia.

Kontribusi ATB menularkan efek positif bagi PDAM Tirta Daroy Banda Aceh. Program Kemitraan Solidaritas Persatuan Perusahaan Air Minum di Indonesia (Perpamsi) 2018-2019, ATB jadi mentor bagi PDAM Tirta Daroy menurunkan angka kehilangan air.

“ATB tentu sangat senang dapat berbagi sesama PDAM, tingkat kehilangan air masih momok besar bagi setiap PDAM di Indonesia. Jalan keluarnya harus ditangani secara berkesinambungan dan dibentuk suatu tim khusus. Untuk itu, kami sudah membangun sistem Scada 4.0, dan siap kami bagikan untuk Banda Aceh,” ujar Presiden Direktur ATB Ir Benny Andrianto MM usai finalisasi program kemitraan Solidaritas, Selasa (19/2).

Pimpinan tertinggi di ATB tersebut menambahkan, jajaran PDAM Tirta Daroy menyelesaikan permasalah air bersih cukup serius. Hal tersebut terlihat selama dilakukan kerjasama sudah menghasilkan progres positif.

“Cakupan pelayanan mencapai 94 persen, diiringi dengan penetapan tarif full cost recovery. Mencapai cakupan layanan 100 persen memang sulit karena kota terus tumbuh dan berkembang. Batam saja sekarang persentasenya 99,8 persen. Sementara tarif yang layak merupakan modal utama agar PDAM berjalan ‘sehat’,” ujar alumni UGM tersebut

Kontribusi nyata ATB melalui program kemitraan yang berhasil dilakukan, merupakan lanjutan rangkaian yang sudah berjalan sejak Februari 2018.

“Tim NRW ATB sudah melakukan survei diagnostik ke Aceh, hal ini untuk mengetahui permasalahan yang ada disana dan mendapatkan gambaran secara umum. Hasil survei diagnostik, tidak hanya pada NRW yang akan di konsolidasi namun ada GIS mapping,” jelas Sadma Lastyanta Manager NRW ATB.

Guna mendapatkan gambaran lebih spesifik, kunjungan lanjutan juga dilakukan PDAM Tirta Daroy pada 22-29 April 2018. Sebanyak 15 karyawan PDAM Tirta Daroy mendapatkan bimbingan bersama tim ATB.

“Kami ingin bersinergi dan mendapat bimbingan agar kami di Banda Aceh bisa berjalan baik dalam segala hal seperti di ATB,” jelas Teuku Novizal Aiyub, Direktur Utama PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh.

Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin memberikan apresiasi kepada ATB bersama tim yang turut membantu. Penuntasan persoalan air bersih memang sudah menjadi komitmen Pemko Banda Aceh.

“Terima kasih kepada ATB, ini sangat membantu kami untuk menuntaskan persoalan air bersih per Januari 2020 mendatang,” kata Zainal Arifin.

Kepedulian ATB dapat berbagi sesama PDAM jadi sebuah kebanggaan, terlebih PDAM yang mengikuti program kemitraan juga memiliki semangat yang sama untuk memberikan pelayanan lebih baik dibidang air bersih. (*)