Lalulintas di Batam. | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dalam menghindari kecelakaan lalu lintas di jalanan, Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu Pati meminta kepada pengendara untuk memperhatikan beberapa poin penting. Paling utama, pengendara harus memeriksa kendaraannya terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Sebab, kelayakan kendaraan faktor utama dalam penyebab kecelakaan lalu lintas.

“Kondisi kendaraannya tersebut memang benar-benar berfungsi dengan baik seperti rem, ban nya tidak gundul dan kempes, lampu semua sign menyala dan penerangan menyala,” katanya.

Kemudian, pengendara juga memperhatikan kesehatan dirinya sendiri sebelum bepergian. Dijelaskannya, pengendara itu tidak boleh dalam keadaan sakit, terpengaruh obat-obatan maupun dalam pengaruh narkoba. Selain itu, ia beharap kepada pengendara untuk menunda berpergian jika dalam keadaan keletihan atau mengantuk.


“Yang paling penting, yang bersangkutan itu pada saat berkendara jangan menggunakan handphone atau melakukan aktivitas lain yang membahayakan bagi si pengendara. Dan selalu menggunakan helm saat mengendarai roda dua dan menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil,” ujarnya.

Kemudian yang terakhir, pengendara harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada. Jangan sampai melanggar rambu lalu lintas sehingga bisa membahayakan dirinya sendiri. Misalnya melanggar lampu merah yang seharusnya berhenti tentunya harus berhenti.

“Berkendara harus taati peraturan yang ada. Seperti saat lampu merah saatnya berhenti ya berhenti. Jangan melanggar aturan berlalu lintas yang sudah ada. Sehingga pada saat berkendara dari awal selamat sampai tujuan,” imbuhnya. (egi)

Loading...