Kamis, 25 April 2024

KPU Batam Sosialisasi Pemilu kepada Siswa SLB

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam mendatangi sejumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) di Batam. Mereka mensosialisasikan dan memberikan pendidikan pemilih pemula disabilitas.

“Biasanya kami sosialisasi di sekolah umum. Namun, mereka sebagai pemilih pemula tidak bisa dilupakan. Jadi, kami menyampaikan secara perlahan-lahan tentang 17 April akan ada pemilu kepada para siswa ini,” ujar Sudarmadi di SLB Negeri Batam, Legenda Malaka, Batam Kota, Rabu (20/2/2019)

Dia mengatakan sosialisasi tersebut seputar bagaimana prosedur pencoblosan. “Mulai dari datang ke ruangan, absen kemudian diberi 5 kartu yang berbeda warna, dicoblos di dalam bilik suara dan dimasukkan ke kotak suara. Sesudah itu, jarinya harus dicelup ke tinta,” katanya.

Dia mengatakan ada 120 penyandang disabilitas akan ikut memberikan hak suara-nya pada 17 April mendatang. Mereka terdiri dari SLBN Batam, SLB Kartini, Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin), Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Ketunaan (FKKADK) dan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni).

Sementara, pihak sekolah SLBN Batam sangat berterima kasih kepada KPU yang sudah mengagendakan acara sosialisasi pada anak disabilitas guna memberikan pencerahan dan pemahaman pada anak-anak.

“Kami menyambut baik acara sosialisasi ini sehingga anak-anak mau memberikan hak pilihnya,” ungkap Sulatri, guru pendamping sekaligus penterjemah bahasa isyarat Tunarungu.(yun)

Update